Tips dan Trik Menaikkan Harga Jual Mobil Bekas

Loading...

menjual mobil bekas

Tentu Anda tahu bahwa perbedaan harga jual mobil bekas dan baru sangat jauh jaraknya. Meskipun jarang dipakai, tapi kalau namanya mobil bekas ya tetap akan jatuh harganya. Sebab bagi orang, kualitas dari barang tersebut sudah terkikis selama masa pemakaian.

Anjloknya nilai jual mobil bekas salah satunya dipengaruhi oleh kebutuhan akan uang yang mendesak. Jadi mau tidak mau, kita harus menerima tawaran klien. Belum lagi jika menggunakan pihak kedua sebagai perantara. Pasti akan turun lagi harganya.

Tapi jangan pesimis dulu, selalu ada cara untuk membuat harga mobil bekas yang ingin Anda jual agar naik harganya.

Beberapa aspek pada mobil Anda harus diperhatikan dan dibenahi. Bukan hanya tampilan luar, tapi hingga ke dalamnya juga harus dibenahi. Dengan begitu Anda bisa meyakinkan konsumen bahwa mobil Anda sesuai dengan harganya.

Berikut beberapa tips dan trik untuk Anda terkait menjual mobil bekas pada harga tinggi.

Riwayat Mobil

Orang tidak akan sembarangan membeli mobil, apalagi bila mobil tersebut tidak terawat. Terkait riwayat mobil, teraturnya jadwal servis menjadi satu point tersendiri untuk menambah nilai jual mobil. Bukti buku servis bisa meyakinkan klien akan perawatan mobil tersebut.

READ:  Bagaimana Meminimalisir Bau Interior Mobil Pasca Kebanjiran

Riwayat asuransi pun juga begitu. Bilamana asuransi mobil hampir berakhir, usahakan untuk diperpanjang. Jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan tidak ada asuransi yang menjaganya.

Tune-Up Normal

Keseriusan Anda untuk menjual mobil bisa dilakukan dengan melakukan tune-up secara berkala. Idealnya, tune-up seperti ini dilakukan beberapa bulan sebelumnya.

Hal ini dilakukan agar saat test drive oleh klien, mobil Anda tidak jatuh karena mesinnya yang soak. Kualitas mesin tentu menambah nilai jual mobil.

Titik Performa Puncak

Manakala Anda menjual mobil dalam keadaan tidak prima, yakin saja bahwa harganya juga tidak prima alias anjlok. Mobil bekas adalah soal performa yang masih optimal.

Bukan hanya mesin. Bagian-bagian lain juga, misalnya saja interiornya, cat mobil, bagian ban dan sekitarnya, serta lampu mobil. Pada kondisi performa yang maksimal, klien bisa yakin bahwa mereka tidak salah pilih.

Jawab Jujur

Menjual mobil bekas memang sedikit memberikan nuansa yang menantang. Bukan cuma mobilnya yang harus oke, tapi psikologi kita juga harus siap dan mantap.

READ:  Cara Cepat Menjual Mobil Bekas

Salah satunya adalah jawaban yang jujur. Karena penjual adalah pelayan dan pembeli adalah raja, maka mereka berhak mengetahui segalanya tentang barang tersebut.

Nama baik adalah segalanya dalam urusan dagang. Jangan sampai Anda diblacklist sehingga orang kurang percaya dengan Anda. Sebab bila itu terjadi, pengaruh besar akan menimpa mobil Anda juga.

Bersih-bersih Mobil

Fakta membuktikan bahwa mobil yang bersih bisa menaikkan nilai jualnya di pasaran dibandingkan dengan yang tidak dicuci. Interior mobil bila kotor, harus dibersihkan. Ganti bila ada bagian lecet atau robek.

Cat mobil juga begitu. Bila sudah kusam atau terkelupas, segera dipoles sebaik mungkin agar mengkilap tampilannya. Sebab klien selalu mencari mobil bekas yang seperti baru.

Patokan Harga

Mematok harga bukan sembarang patok. Anda harus riset terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar harga yang Anda pasang masuk akal bagi klien Anda.

Cara mengetahui harga mobil second bisa diketahui lewat internet, info penjualan di koran, dan konsultasi dengan dealer penjual mobil second. Intinya harga jangan terlalu murah dan tidak boleh terlalu mahal.

READ:  Tips Aman Dalam Membeli Mobil Bekas

**

Demikianlah tips dan trik menaikkan harga jual mobil bekas Anda. Semoga tips-tips di atas bisa menambah pengetahuan Anda dalam menjual mobil bekas.

Perlu diingat, tidak semua tips mutlak seratus persen berhasil. Sebab harga mobil berbeda-beda, bisa tinggi bisa rendah. Optimislah selalu supaya harga mobil Anda bisa lebih tinggi dari sejenisnya.