6 Cara Meningkatkan Kesehatan Wanita

Loading...

tips wanita indonesia

Masalah kesehatan wanita sedikit berbeda dari pria. Jika Anda seorang wanita, tips ini akan segera membuat Anda merasa fit dan energik. Untuk melihat dan merasa dalam kondisi terbaik di setiap usia, sangat penting untuk membuat pilihan gaya hidup dan kesehatan yang cerdas.

Berikut adalah 6 hal sederhana yang wanita bisa lakukan setiap hari (atau dengan keteraturan) untuk memastikan kesehatan yang baik, dilansir dari everydayhealth.com:

1. Makan makanan yang sehat

“Anda harus makan makanan se-alami yang Anda bisa,” kata Donald Novey, MD, seorang dokter pengobatan integratif dengan Advocate Medical Group di Park Ridge, Illinois. Itu berarti berbagai buah-buahan dan sayuran segar dan sedikit makanan yang diproses.

Makan sehat akan membantu Anda mempertahankan berat badan yang tepat untuk tinggi badan Anda. Mencari cemilan yang sehat? Cobalah beberapa sayuran mentah, seperti seledri, wortel, brokoli, mentimun, atau zucchini dengan saus yang terbuat dari yogurt rendah lemak.

2. Berolahraga

Banyak berolahraga dapat membantu menjaga jantung Anda tetap sehat. Berolahragalah minimal 30 menit sehari, lima hari seminggu, jika tidak setiap hari.

READ:  5 Tips Maksimalkan Manfaat Olahraga

Latihan aerobik (jalan kaki, berenang, jogging, bersepeda, menari) umumnya baik untuk kesehatan wanita, dan bagi jantung khususnya, kata Sabrena Merrill, MS, dari Lawrence, Kansas, seorang pelatih pribadi bersertifikat dan instruktur kebugaran kelompok dan juru bicara American Council on Exercise.

3. Hindari kebiasaan beresiko

Jauhi rokok dan orang yang merokok. Jangan menggunakan obat-obatan. Jika Anda minum alkohol, lakukan dalam jumlah moderat. Studi kesehatan menunjukkan bahwa wanita dapat dengan aman mengkonsumsi satu gelas sehari.

4. Kelola stres

Tidak peduli pada tahapan apa – anak, ibu, nenek – seorang wanita sering berhubungan dengan banyak tekanan dan stres. Anda juga dapat mengelola stres dengan latihan, teknik relaksasi, atau meditasi.

“Luangkan waktu beberapa menit setiap hari hanya untuk bersantai dan mendapatkan perspektif Anda kembali,” kata Novey. “Tidak butuh waktu lama, dan kesehatan mental penting untuk kesejahteraan fisik Anda.”

5. Waspadai paparan matahari

Paparan berlebihan terhadap sinar matahari dapat menyebabkan kanker kulit, yang tentu saja dapat mematikan. Untuk melindungi terhadap kanker kulit, gunakan tabir surya minimal SPF 15 jika Anda akan berada di luar ruangan selama lebih dari beberapa menit.

READ:  Tips Menjaga Rambut Ikal Tetap Lembut dan Berkilau

6. Periksa kanker payudara

Anda harus waspada untuk setiap perubahan pada payudara Anda dan berkonsultasi dengan dokter Anda. Semua wanita berusia 40 tahun dan lebih harus mendapatkan mammogram tahunan.

Mmammogram adalah cara yang paling efektif untuk mendeteksi kanker pada tahap awal, ketika kanker payudara paling dapat diobati.

(foto: moterims.net)