Tips Agar Pori-Pori Wajah Tampak Mengecil

Loading...

mengecilkan pori-poriMengecilkan pori-pori

Punya kulit wajah dengan pori-pori besar dan berminyak? Pasti menyebalkan. Apalagi bagi para remaja yang memang biasanya memiliki kondisi kulit seperti ini karena pengaruh hormon.

Selain membuat wajah kita mudah nampak kusam, memiliki kulit berminyak dan pori-pori besar juga membuat jerawat mudah timbul. Berikut kami uraikan beberapa tips agar pori-pori kulit mengecil.

1. Perawatan yang konsisten.

Faktor keturunan dan jenis kulit bisa menjadi bagian dari alasan mengapa pori-pori kulit bisa membesar. Individu dengan kulit kering cenderung memiliki pori-pori yang lebih kecil, sementara orang-orang dengan kulit berminyak seringkali memiliki pori-pori yang lebih besar.

Membersihkan kulit secara rutin dan menggunakan pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit, bisa membantu membuat agar pori-pori kulit jadi nampak dan terasa mengecil.

Pembersih wajah yang mengandung asam glikolat dan asam salisilat akan membantu membersihkan kotoran yang ada dalam pori-pori kulit. Pilih salah satu yang cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari dan rutinlah mencuci muka dengan pembersih tersebut setiap pagi dan malam.

READ:  Pentingnya Antioksidan Untuk Perawatan Kulit

Selain itu penggunaan toner juga dapat membantu. Toner dan astringent membantu menghilangkan residu yang mungkin tertinggal dari pembersih yang digunakan. Rutin membersihkan wajah membantu mengurangi minyak berlebih diwajah sehingga pori-pori kulit bisa mengecil.

Dr Ronald Mei dari UCLA School of Medicine setuju bahwa pembersihan wajah adalah kunci agar mendapatkan kulit wajah dengan pori-pori yang tidak membesar.

Selain itu, memberikan uap pada wajah untuk membuka pori-pori sebelum pembersihan dapat mempercepat hasil rezim perawatan kulit Anda.

2. Jangan Gunakan Tangan!

Jangan pernah menyentuh kulit wajah dengan tangan yang sedang kotor, jangan pernah memencet jerawat yang ada di wajah.

Karena hal tersebut bisa membuat kulit wajah yang berjerawat jadi infeksi. Masa penyembuhan akan jadi lebih lama, membuat pori kulit wajah jadi membesar dan meninggalkan bekas.

3. Perbaiki Kondisi Kulit.

Sekarang ini ada banyak krim atau produk kecantikan yang dapat membantu memperbaiki dan merawat kulit yang sedang bermasalah dijual. Salah satunya krim yang diklaim bisa mempercepat proses regenerasi kulit.

READ:  Rambut Pendek Untuk Wanita Dewasa

Produk tersebut biasanya langsung dioleskan ke kulit, merangsang pertumbuhan sel baru dan membawanya kepermukaan kulit sehingga membantu menjaga agar pori-pori kulit tetap bersih.

4. Minimalisir Penggunaan Make Up.

Salah satu penyebab tersumbatnya pori-pori adalah penggunaan makeup. Apalagi jika Anda malas membersihkan wajah ketika sudah mengenakan makeup.

Kalaupun Anda tetap ingin menggunakan makeup, gunakan produk makeup yang berbahan dasar air atau dengan formula yang oil free (bebas minyak) atau gunakan makeup seminimal mungkin.

(foto: jazminspa.com)