Penyebab Kulit Ketiak Hitam dan Cara Mencerahkannya

Loading...

memutihkan kulit ketiakMemutihkan kulit ketiak

Mungkin Anda bingung kenapa kulit ketiak Anda bisa menjadi hitam? Padahal Anda memiliki kulit tubuh yang lumayan cerah. Hal ini pasti sangat mengganggu Anda.

Apalagi saat Anda akan pergi liburan bersama teman-teman. Semua teman Anda menggunakan baju tanpa lengan karena udara yang sangat panas tetapi Anda malah menggunakan jaket atau kardigan untuk menutupi kulit ketiak Anda.

Atau saat akan pergi ke pesta dan pasangan Anda memilihkan sebuah gaun indah dan elegan tanpa lengan yang akan membuat Anda tampil cantik tetapi Anda tidak dapat mengenakannya karena merasa tidak percaya diri.

Kami berbagi beberapa penyebab kulit ketiak hitam dan cara mengatasinya.

Penyebab Kulit Ketiak Hitam

  • Pisau Cukur

Saat Anda menggunakan pisau cukur untuk mencukur bulu pada ketiak, itu berarti Anda memotong rambut hanya di atas permukaan kulit saja. Hal ini akan  membuat sebuah gundukan kecil pada kulit Anda yang malah membuatnya terlihat hitam.

Ini juga dapat terjadi saat Anda menggunakan krim penghilang bulu. Karena itu jika Anda ingin menghilangkan bulu pada ketiak, Anda dapat menggunakan alternatif waxing karena akan menghilangkannya sampai ke akar.

  • Sel-sel Kulit Yang Mati
READ:  7 Cara Alami Memutihkan Ketiak Hitam

Ketiak gelap bisa terjadi karena akumulasi dari sel-sel kulit yang mati pada ketiak. Untuk menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut, Anda dapat menggunakan loofah atau scrub dengan asam laktat.

  • Menggunakan Deodoran & Antiperspirant Yang Berlebihan

Banyak teori yang mengungkapkan kalau senyawa kimia yang ada pada deodoran dapat menjadi penyebab kulit ketiak menjadi gelap sehingga menyebabkan pigmentasi yang akan mengakibatkan kulit ketiak menjadi gelap secara permanen.

Untuk mengubah itu, Anda dapat menggunakan bahan alami untuk mengatasi bau pada ketiak.

  • Gesekan Pada Pakaian

Jika Anda sering menggunakan pakaian ketat setiap hari, gesekan antara material dan ketiak dapat menyebabkan kulit ketiak Anda menjadi gelap.

Hal ini disebabkan kerena lemak yang ada di bawah lengan terakumulasi sehingga membuatnya saling bergesekan dengan kain pakaian Anda dan menimbulkan warna gelap pada kulit ketiak. Anda dapat menghindari menggunakan pakaian ketat dan mencoba pakaian yang lebih longgar.

  • Faktor Keturunan

Faktor keturunan bisa menjadi penyebab kulit ketiak menjadi lebih gelap. Bisa juga karena yang kelebihan berat badan, faktor hormonal yang mengakibatkan pigmentasi atau penggunaan pil KB.

READ:  Cara Mencegah Dan Mengatasi Kulit Ketiak Yang Gelap

Cara Mencerahkan Kulit Ketiak Gelap

  • Waxing Atau Elektrolisis

Penyebab terbesar kulit ketiak menjadi gelap karena mencukur atau menggunakan hair removal krim. Anda dapat menggunakan waxing, walaupun akan lebih menyakitkan tapi setidaknya rambut akan dihapus dari akar dan membuat ketiak Anda terbebas dari warna hitam.

Waxing juga menjadi metode pengelupasan kulit pada ketiak. Untuk Anda yang ingin menyingkirkan bulu ketiak selamanya, elektrolisis adalah pilihan yang tepat.

  • Lemon, Kentang dan Mentimun

Lemon adalah salah satu buah yang dapat memutihkan kulit ketiak Anda. Anda dapat menggosokkan air perasan lemon pada ketiak Anda sebelum mandi setiap hari. Setelah itu gunakan pelembab untuk melembutkan kulit. Hindari menggunakan deodorant untuk beberapa hari.

Untuk kentang Anda dapat mengirisnya menjadi tipis atau parut kentang tersebut. Tempelkan pada kulit ketiak dan biarkan selama 15 menit kemudian cuci. Hal yang sama juga dapat Anda lakukan pada ketimun.

  • Masker Pemutih

Untuk menyingkirkan kulit ketiak yang gelap, Anda dapat membuat masker pemutih buatan sendiri atau membeli di pasar.

Campurkan segenggam tepung gram dengan yogurt, lemon dan sedikit bubuk kunyit. Oleskan dan diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas.

  • Kunyit
READ:  Rahasia Alami Untuk Memutihkan Kulit Ketiak

Kunyit salah satu jenis rempah yang sudah dikenal sejak dulu dapat menghilangkan bau pada ketiak. Tetapi tidak hanya itu kunyit juga dapat membunuh bakteri dan kuman dan mencerahkan kulit ketiak.

Campurkan sedikit kunyit dalam dua sendok susu atau krim lalu oleskan pada ketiak sebelum tidur. Diamkan sepanjang malam dan bersihkan keesokan harinya.

  • Kurangi Penggunaan deodoran

Seperti yang kita tahu, deodoran atau antiperspirant bisa menjadi penyebab Anda memiliki kulit ketiak yang gelap.

Karena itu sebaiknya hindari penggunaan deodorant dan menggantinya dengan menggunkaan baking soda. Anda dapat mencampur baking soda dengan sedikit air lalu oleskan pada ketiak.

(foto: deherba.com)