Tips Bagaimana Merawat dan Memperlakukan Softlens Dengan Benar

Loading...

lensa kontakMenggunakan Softlens

Softlens atau yang biasa kita sebut lensa kontak memiliki fungsi yang sama seperti kaca mata. Saat ini, banyak pengguna kacamata yang beralih ke softlens. Ini disebabkan karena penggunaan softlens lebih praktis, harga terjangkau, dan menunjang penampilan.

Apakah anda ingin mencoba menggunakan softlens? Saat ini, banyak produk softlens yang lebih fleksibel dari sebelumnya. Jika Anda ingin mencoba memakainya, sebaiknya Anda memahami aturan dasar menggunakannya untuk mencegah infeksi mata.

Berikut beberapa tips bagaimana merawat dan memperlakukan softlens dengan benar:

1. Konsultasikan ke dokter mata.

Konsultasikan diri dengan dokter mata adalah cara yang tepat untuk mulai menggunakan lensa kontak. Dokter akan menyarankan jenis lensa yang cocok pada mata Anda.

2. Pilih lensa kontak yang mengandung banyak kadar air.

Pertama kali menggunakan lensa kontak, mata akan terasa perih. Hal ini terjadi karena mata tidak terbiasa dengan benda asing.

Lensa yang mengandung kadar air yang tinggi dapat membantu mengurangi sakit. Tapi pemilihan softlens ini  tetap sepengetahuan dari dokter mata Anda.

3. Jangka Waktu Pemakaian

Pakailah lensa kontak Anda sesuai jangka waktu pemakaian yang direkomendasikan oleh Dokter mata Anda.

Hindari memakai lensa semalaman meskipun lensa yang Anda gunakan dirancang dalam jangka waktu yang cukup lama, karena dapat meningkatkan risiko iritasi dan atau infeksi kornea mata.

4. Bersihkan lensa

Bersihkan kedua sisi lensa Anda. Jangan menggunakan air keran untuk membersihkan atau membasahi lensa kontak.

5. Perhatikan pemakaian dan pelepasan lensa

Pastikan Anda telah mencuci tangan dengan bersih. Untuk menggunakan lensa, lensa diambil dengan meletakkannya di ujung jari kemudian menempatkannya hati-hati ke mata Anda.

Untuk melepas lensa, buka mata Anda dan tahan dengan jari Anda, sentuh lensa dengan lembut dan menariknya keluar secara perlahan. Sebaiknya, Anda tidak berkedip saat melakukannya.

Pakailah lensa kontak Anda sebelum menerapkan make-up. Dan jika Anda ingin melepas lensa kontak, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu make-up di wajah Anda.

6. Tetes mata

Gunakan tetes mata khusus untuk pengguna lensa kontak. Jika mata mulai terasa kering, segera gunakan tetes mata untuk menjaga kelembaban di mata dan lensa. Hindari debu dan usahakan tidak menggosok mata Anda.

7. Simpan lensa dengan benar

Bersihkan lensa secara teratur. Lepaskan lensa sebelum Anda tidur dan simpan ke dalam wadah yang bersih.

**

Jadi, dalam mengenakan softlens, ada beberapa yang harus Anda pahami. Perhatikan cara merawat lensa kontak, seperti pembersihan, sterilisasi, serta penyimpanan. Dan yang paling utama, saat mengenakan lensa kontak, pastikan bahwa Anda dapat melihat dengan jelas dan merasa nyaman.

(Photo: healthmad.com)

READ:  Panduan Lengkap Memilih Kacamata yang Tepat