5 Strategi Jitu Mengatasi Kantuk Saat Kerja

Loading...

ngantuk saat kerjaMengantuk saat kerja

Pernahkah Anda merasakan kantuk yang cukup berat saat sedang bekerja? Atau Anda pernah ditegur atasan karena mengambil kesempatan tidur di sela jam kerja Anda? Jika demikian, Anda harus secepatnya mengatasi rasa ngantuk tersebut.

Anda harus ingat, rasa kantuk yang berlebihan dapat mempengaruhi kualitas kerja Anda. Berikut ini, ada beberapa cara mengatasi rasa ngantuk, terutama saat bekerja di siang hari:

1. Sinar matahari

Cahaya dapat mempengaruhi area otak dalam memusatkan perhatian (fokus) dan meregulasi emosi hingga Anda semangat kembali. Jika duduk di jendela bukanlah pilihan Anda, cobalah sempatkan waktu sejenak mendapatkan paparan sinar matahari di luar tempat kerja Anda.

2. Lakukan Peregangan

Jika Anda sangat mengantuk, maka lakukan pergerakan kecil pada tubuh Anda. Peregangan tubuh ini dapat mengontrol rasa ngantuk.

“Melakukan gerakan sederhana mampu merangsang otak untuk tetap terjaga”, kata Ralph Downey III, PhD, direktur Loma Linda University Sleep Disorders Center di California.

3. Konsumsi minuman kafein

Anda dapat mengkonsumsi minuman berkafein, seperti kopi atau teh. Minuman yang mengandung kafein dapat memicu adrenalin anda sehingga makin semangat dalam bekerja.

Tapi Anda harus tetap membatasi minuman yang berkafein, karena dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

4. Ngemil sehat

Cemilan yang mengandung protein mampu mengontrol otak agar tetap terjaga, dan meningkatkan stamina Anda saat bekerja, misalnya makan buah-buahan yang disajikan dengan yoghurt atau kacang-kacangan.

Sebaiknya, Anda tidak mengkonsumsi karbohidrat, karena jika terakumulasi dalam tubuh malah menimbulkan rasa ngantuk yang berlebih.

5. Membasuh wajah

Anda bisa menyempatkan waktu sesaat ke kamar kecil. Basuh wajah Anda secara perlahan, dan pikirkan pekerjaan yang harus Anda selesaikan.

Membasuh wajah dapat merileks kapiler darah di sekitar mata, dan mensugestikan diri bisa meningkatkan semangat kerja Anda.

**

Saat Anda sementara bekerja dan merasakan kantuk, Anda bisa mengikuti beberapa cara mengatasi kantuk saat kerja seperti yang disebutkan di atas.

Tapi jika Anda merasa sukar melakukannya, sebaiknya Anda mengatur pola tidur Anda. Tidur di malam hari selama 8 jam, mampu meningkatkan effort kerja Anda di esok hari.

(Photo: sekilasnews.com)

READ:  Lidah Buaya, Tanaman Kenyal Beragam Manfaat