Menjelajahi 5 Planet Mengerikan di Alam Semesta

Loading...

Menjelajahi 5 Planet Mengerikan di Alam Semesta

Menjelajah luar angkasa adalah sebuah petualangan yang sangat dahsyat. Banyak misteri yang belum terungkap di luar sana. Di antara misteri yang sudah terungkap adalah betapa berbahayanya angkasa luar itu.

Kami berbagi informasi tentang penjelajahan 5 planet mengerikan di alam semesta. Simak yuk.

1. Venus

Pada awalnya sangat sedikit informasi tentang Venus. Sampai Uni Soviet (sekarang Rusia) melakukan ekspedisi ruang angkasa kesana. Ekspedisi itu diberi nama Program Venera.

Alat pemantau Venera dapat mendapat mendarat di Venus, namun hanya bertahan selama 127 menit, sebelum akhirnya hancur dan meleleh. Kenapa bisa begitu? Karena venus mempunyai tekanan 100 kali lebih besar dibanding di permukaan bumi.

Jadi, jika Anda berada di permukaan Venus, Anda seolah berada di kedalaman 1.000 kaki di bawah air. Tak heran badan Anda seketika akan “meledak” karena tekanan yang begitu besar.

Suhu udara di Venus juga sangat panas, yaitu 475 derajat Celcius. Maka tak heran jika para peneliti menobatkan Venus sebagai palanet paling berbahaya di tata surya kita.

READ:  Bagaimana Proses Terbentuknya Badai Sandy?

2. Pluto

Meski secara teknis Pluto tidak lagi diklasifikasikan sebagai Planet, tapi Pluto tetap layak masuk dalam daftar Planet yang penuh misteri.

Karena suhu di Pluto sangat dingin, jika Anda berada di permukaan Pluto, Anda akan beku seketika. Disebabkan jaraknya yang jauh dari Matahari, tidak ada panas sama sekali yang bisa menghangatkan Pluto.

Fungsi matahari di Pluto seperti fungsi Bulan di Bumi, hanya sebagai hiasan sewaktu-waktu. Suhu di Pluto diperkirakan sekitar -228 sampai -238 derajat Celsius.

3. Jupiter

Badai di Jupiter memiliki luas 2 kali lipat dari luas Bumi, dengan kecepatan 400 km/jam. Anda dapat membayangkan betapa dahsyatnya badai di Jupiter.

Kemudian, kilatan petir di Jupiter 100 kali lipat lebih terang dibanding kilatan petir di bumi. Jika Anda berada di Jupiter dan melihat kilatan petir, maka penglihatan Anda dapat rusak secara permanen.

Hal ini disebabkan karena di Jupiter terdapat samudera yang sangat luas yang isinya metal cair, sehingga jika ada kilatan petir, maka semudera ini bersifat seperti cermin, memantulkan kilatan petir itu ke segala arah. Maka tak heran jika kilatan petir di Jupiter sangat menyilaukan.

READ:  Etika Resign Yang Baik dan Benar

4.  Mars

Mars mempunyai badai pasir yang sangat dahsyat. Badai pasir itu dapat terbentuk hanya dalam waktu beberapa jam, namun ketika sudah terbentuk dapat menyelimuti seluruh Mars selama beberapa hari dengan kecepatan 300 km/jam.

Para ilmuwan mempunyai teori kenapa badai pasir di Mars sangat  dahsyat. Hal itu karena di Mars banyak terdapat banyak cekungan atau kawah.

Yang terbesar bernama Hellas. Suhu di dalam kawah bisa 10 derajat lebih hangat dibanding suhu di permukaan. Perbedaan suhu inilah yang memicu badai  pasir yang sangat dahsyat.

5. Neptunus

Neptunus memiliki tiupan angin paling kencang di tata surya kita. Kecepatannya mencapai 1.500 mil/jam. Jika Anda berada di permukaan Neptunus, maka Anda seperti seonggok kapas yang dengan mudahnya disapu oleh angin ini.

Para ilmuwan masih bertanya-tanya, darimana asal energi yang dapat menghasilkan angin yang begitu dahsyat. Biasanya energi tersebut berasal dari perbedaan suhu hangat dengan dingin.

Sedangkan Neptunus berada sangat jauh dari Matahari dan tidak memiliki sumber panas sama sekali dari dalam dirinya.

READ:  Bagaimana Kafein Membahayakan Otak Remaja

**

Demikian informasi mengenai 5 planet mengerikan di alam semesta. Semoga bermanfaat.