5 Manfaat Kesehatan Dibalik Rasa Pahit Daun Pepaya

Loading...

manfaat daun pepayaDaun pepaya

Pepaya (Carica Papaya) adalah tanaman tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini diperkirakan berasal dari wilayah Meksiko, namun saat ini sudah banyak dibudidayakan secara besar – besaran di wilayah Indonesia.

Tanaman pepaya biasanya dimanfaatkan daging buahnya untuk dijadikan es buah yang segar, juga berguna untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. S

Selain buah, ternyata daun pepaya juga biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Daun pepaya dipercaya memiliki banyak khasiat terutama sebagai pengobatan alami.

Nah, apa saja manfaat daun pepaya?

1. Melancarkan pencernaan

Bila anda sering mengalami masalah ketida lancaran pada sistem pencernaan, maka mengkonsumsi daun pepaya dapat membantu melancarkannya. Pada daun pepaya terkandung senyawa kimia  karpain yang dapat membunuh mikroorganisme pengganggu keseimbangan sistem pencernaan.

2. Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung dapat dicegah dengan memperbanyak mengkonsumsi daun pepaya. Serat pangan yang terdapat pada daun pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan ekskresi asam empedu dalam tinja. Hal ini juga berguna untuk menurunkan kadar lemak dan kolesterol sehingga dapat mencegah penyakit jantung aterosklersosis.

READ:  Cara Hidup Sehat bagi Penderita Sakit Maag

3. Menambah nafsu makan anak

Banyak anak – anak yang sulit untuk makan dan kehilangan nafsu makan. Hal itu dapat diatasi dengan memberikan air sari daun pepaya untuk diminumkan kepada anak anda. Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa manisan karena rasa daun pepaya yang sangat pahit.

4. Pencegah kanker

Kanker adalah penyakit yang amat membahayakan saat ini, diakibatkan banyaknya zat karsinogen yang sering kita konsumsi. Menurut penelitian, kanker dapat dicegah dengan memperbanyak mengkonsumsi daun pepaya, sebab di dalam daun pepaya terdapat Milky latex  (getah putih seperti susu) yang merupakan pencegah kanker.

5. Mengobati demam berdarah

Penderita penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dapat dinetralkan atau diobati dengan cara memperbanyak konsumsi daun pepaya.

**

Demikianlah 5 manfaat daun pepaya untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya ketika dikonsumsi akan terasa pahit, itulah penyebab banyak orang enggan mengkonsumsi daun pepaya yang memiliki banyak manfaat tersebut.

(Foto :photomalaysia.com)