Hal yang Mesti Anda Perhatikan Saat Berbelanja Online

Loading...

tips belanja online

Akses internet semakin familiar dengan kehidupan kita sehari-hari. Update status di Facebook, nge-tweet, blogging dan post di Google+.

Tak hanya itu, aktivitas yang sebelumnya hanya urusan di toko, pasar, dan mall, yaitu berbelanja, kini bisa juga dilakukan online. Tapi, jangan terburu-buru. Hanya karena sekarang telah  lumrah bukan berarti Anda mesti  kehilangan kewaspadaan.

Tips kali ini mengulas lima hal yang mesti Anda perhatikan saat berbelanja online.  Jika Anda telah memahami kelima hal ini dan menemukan sebagian besar indikator pada situs yang diminati, Anda bisa berbelanja dengan tenang.

1. Cek kepemilikan domain melalui fasilitas Whois

Popularitas sebuah website bisa menjadi tolok ukur tingkat reliabilitasnya dalam hal bertransaksi. Jika Anda sering melihatnya di iklan yang terpasang di media online ternama, itu artinya situs yang Anda tuju berani menghabiskan anggaran untuk berpromosi sebagai wujud keseriusan mereka dalam berbisnis.

Namun, bukan berarti situs yang kurang populer tidak bisa dipercaya sama sekali, Anda bisa melakukan pengecekan secara gratis melalui www.Whois.net, dengan memasukkan domain (nama situs) portal berbelanja yang bersangkutan untuk mengetahui usia domain.

READ:  Cara Memproteksi Photo Pada Ponsel Android

Semakin lama usianya, ditambah semakin lama masa habis kontrak domainnya (seperti Lazada.com sampai tahun 2022), hal itu cukup menunjukkan bahwa portal belanja tersebut bukan sebuah portal fiktif yang ditujukan untuk penipuan.

2. Pilih yang menjamin Cash On Delivery

Cash On Delivery atau COD merupakan kesepakatan pembayaran yang baru dilakukan setelah barang sampai di tempat. Jika saat barang sampai dan pelanggan tidak melakukan pembayaran, maka barang akan dikembalikan kepada pengirim, dalam hal ini portal belanja sebagai penjual.

Situs yang menawarkan fasilitas ini sudah pasti terjamin. Karenanya bila memang sesuai kebutuhan Anda tak perlu berpikir dua kali bila menemukan situs yang menawarkan kesepakatan ini.

3. Uji customer service bila menyediakan fasilitas chat

Bila Anda masih ragu, carilah kontak customer service. Jika tersedia fasilitas chat, Anda bisa bertanya untuk informasi lebih lanjut sehingga tak perlu kebingungan dengan sistematika berbelanja.

4. Perhatikan kebijakan retur

Tidak semua portal belanja online menyediakan fasilitas retur apabila barang yang dijualnya tidak sesuai harapan. Maka dari itu perhatikan kebijakan pengembalian barang yang tertera di situs, baik di halaman khusus, atau bisa juga di bagian Syarat dan Ketentuan, dan FAQ (frequently asked questions).

READ:  Bagaimana Cara Sukses Menjadi Seorang Freelancer?

5. Perhatikan testimoni di website atau review dari pelanggan lain

Testimoni adalah masukan atau komentar dari pelanggan yang pernah berbelanja di situs tersebut. Wujudnya bisa tertera langsung di website, atau bisa juga Anda cari dengan gooling kata kunci “review nama domain”, atau “nama domain SCAM” untuk mengetahui ulasan pengguna lain mengenai pelayanan dan pengalaman bertransaksi dengan situs bersangkutan.

**

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan keamanan bertransaksi online, namun dengan mengetahui 5 hal yang penting untuk Anda perhatikan saat berbelanja online, Anda sudah bisa membedakan mana yang terpercaya dan yang mana yang tidak.

Ingat untuk tetap bijak dalam pengeluaran, selamat berbelanja!

(foto: shutterstock)