Inilah 5 Serangga Paling Ekstrim di Dunia

Loading...

Spesies serangga sangatlah banyak, 80% dari seluruh spesies yang ada di dunia. Saat ini, ada sekitar 900.000 jenis serangga yang telah teridentifikasi. Para ilmuwan memperkirakan masih sangat banyak jenis serangga yang belum ditemukan dan diklasifikasikan.

Dari sekian banyak jenis serangga di dunia, berikut ini kami mengambil 5 jenis serangga yang paling ekstrim di dunia.

1. Serangga Terbesar di Dunia

Giant Weta
Giant Weta (foto: stuff.co.nz)

Serangga bernama Giant Weta merupakan serangga terbesar dan terberat di dunia. Panjang tubuhnya mencapai 8,5 cm dengan berat 71 gram.

Giant Weta terdapat di Pulau Little Barrier, New Zealand. Serangga ini termasuk ke dalam jenis belalang.

2. Serangga Paling Beracun di Dunia

Pogonomyrmex maricopa
Pogonomyrmex maricopa (foto: davidlouisquinn.com)

Semut bernama latin Pogonomyrmex maricopa adalah serangga paling beracun di dunia. Semut ini biasa disebut semut pemanen (harvester ant).

Tapi Anda tidak perlu takut, karena sepanjang catatan sejarah, belum pernah ada manusia yang tewas karena gigitan makhluk imut ini. Hal ini karena dosis racun yang dikeluarkan oleh semut ini sangat kecil. Selain itu, semut ini sangat jarang menyerang manusia.

READ:  Mengapa Mata Butuh Waktu Untuk Penyesuaian Di ruang Gelap?

3. Serangga Tercepat di Dunia

Austrophlebia costalis
Austrophlebia costalis (foto: ehow.com)

Capung yang mempunyai nama ilmiah Austrophlebia costalis adalah serangga paling cepat di dunia, dalam kategori kecepatan terbang.

Sebelumnya banyak pihak yang mengklaim bahwa capung ini mampu terbang dengan kecepatan 60 mil/jam. Tetapi setelah dilakukan serangkaian tes, didapatkan angka 35 mil/jam.

Meskipun begitu, kecepatan capung ini tidak ada yang bisa menyaingi. Ia masih memegang rekor sebagai serangga tercepat di dunia.

4. Serangga Paling Langka di Dunia

 Dryococelus australis
Dryococelus australis (foto: carnivoraforum.com)

Serangga bernama Dryococelus australis adalah serangga paling langka di dunia. Jumlahnya diperkirakan hanya tinggal 50 ekor. Itupun yang benar-benar ditemukan hanya 24 ekor.

Serangga ini hidup di pulau Lord Howe, yang terletak di perbatasan Australia dan New Zealand. Sekarang upaya pelestarian serangga ini sedang dilakukan.

Kebun binatang Melbourne di Australia sedang menjalankan program budidaya Dryococelus australis. Dari program ini ditargetkan dapat menghasilkan 9.000 ekor  Dryococelus australis.

5. Serangga Paling Berisik di Dunia

Micronecta scholtzi
Micronecta scholtzi (foto: lenovae.it)

Serangga bernama Micronecta scholtzi dinobatkan sebagai serangga paling berisik di dunia. Micronecta scholtzi masuk dalam familia Cicada.

Memang serangga-serangga yang termasuk dalam familia Cicada umumnya memang dikenal sangat berisik. Namun, mereka “hanya” mampu mengeluarkan suara dengan kekuatan sebesar 99,2 db.

READ:  Benarkah Leukimia dapat Diobati tanpa Kemo?

Sedangkan Micronecta scholtzi mampu mengeluarkan suara sebesar 120 db. Suara sebesar ini setara dengan Anda duduk di barisan paling depan pada pertunjukan orkestra besar.

**

Demikian  daftar 5 Serangga Paling Ekstrim di Dunia. Semoga bermanfaat.