8 Manfaat Kesehatan dari Buah Belimbing

Loading...

manfaat belimbing

Belimbing dikenal sebagai carambola yaitu jenis buah tropis berair yang tumbuh di seluruh Asia Tenggara. Belimbing akan berwarna hijau saat belum masak dan berwarna kuning saat matang.

Buah ini dapat dikonsumsi langsung atau dengan cara dijus. Belimbing kaya akan vitamin A dan C juga memiliki zat besi serta kandungan serat yang tinggi. Rasa bervariasi dari asam dan manis buah ini menjadi daya tarik tersendiri. Buah ini tidak hanya dapat dijadikan jus tetapi juga sebagai obat.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang dihasilkan dari buah tropis ini.

1.  Belimbing dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

2. Merebus akar dan daun dari belimbing dapat menyembuhkan sakit kepala, kurap, dan cacar air.

3. Buah ini dapat menghilangkan rasa mabuk dan biang keringat, sakit mata dan sengatanmatahari.

4.  Buah ini juga telah digunakan untuk mengobati sakit mata.

5. Belimbing biasanya dikonsumsi oleh ibu yang baru saja melahirkan untuk merangsang keluarnya air susu.

6. Belimbing dapat mengurangi rasa mual dan gangguan pencernaan. Makan setengah buah belimbing dan lakukan secara berulang setelah 3 jam.

READ:  Waspadai Kanker Kolorektal di Usia Muda!

7. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dapat membantu menangkal flu pada  musim dingin. Buah ini juga kaya akan antioksidan dan flavonoid.

8. Jika Anda sedang melakukan program diet, Anda dapat menambahkan buah ini karena mengandung banyak serat dan rendah kalori.

**

Demikianlah 8 manfaat kesehatan dari buah belimbing. Plihlah buah belimbing yang mengkilap, berwarna kuning, tanpa memar dan tidak terlalu lembut. Saat belimbing matang sebaiknya segera olah dengan cara dijus atau dikonsumsi secara langsung.