Tentang Terapi Seni

Loading...

terapi seni

Apa Itu Terapi Seni?

Proses kreatif yang terlibat dalam mengekspresikan diri secara artistik dapat membantu menyelesaikan masalah serta mengembangkan dan mengelola perilaku dan perasaan, mengurangi stres, dan meningkatkan kepercayaan diri dan kesadaran.

Siapapun dapat menggunakannya, Anda tidak harus berbakat atau seorang seniman, dan ada profesional yang dapat bekerja dengan Anda dan menyelidiki pesan yang mendasari pesan yang disampaikan melalui seni.

Terapi seni dapat mencapai hal-hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Ia dapat digunakan untuk konseling oleh terapis, penyembuhan, pengobatan, rehabilitasi, psikoterapi.

Dalam arti kata luas, terapi seni dapat digunakan untuk memberikan pijatan dalam diri seseorang dengan cara yang dapat memberikan individu pemahaman yang lebih dalam dirinya sendiri.

Siapa yang Dapat Menggunakan Terapi Seni?

Siapapun dapat menggunakan terapi seni. Dalam dunia di mana ada banyak cara untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri sendiri, terapi seni merupakan bentuk yang ekspresif.

Salah satu perbedaan utama antara terapi seni dan bentuk komunikasi lainnya adalah bahwa sebagian besar bentuk komunikasi lainnya menggunakan kata-kata atau bahasa sebagai alat komunikasi. Sering kali, manusia tidak mampu mengekspresikan diri dalam rentang yang terbatas.

READ:  6 Cara Alami Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu keindahan seni sebagai terapi adalah kemampuan bagi seseorang untuk mengekspresikan perasaannya melalui segala bentuk seni.

Meskipun ada jenis lain dari terapi ekspresif (seperti seni pertunjukan), terapi seni ekspresif seperti yang dibahas di sini biasanya menggunakan bentuk seni yang lebih tradisional… seperti lukisan, gambar, fotografi, patung, atau berbagai jenis ekspresi seni rupa.

Mengapa Saya Menggunakan Terapi Seni?

Seperti kebanyakan terapi, seni sebagai terapi umumnya digunakan sebagai pengobatan untuk sesuatu – biasanya sebagai cara untuk meningkatkan keadaan emosional atau kesehatan mental seseorang.

Terapi seni ekspresif tidak harus digunakan hanya sebagai pengobatan. Ia juga dapat digunakan untuk menghilangkan stres atau ketegangan, atau sebagai modus penemuan diri.

Terapi Seni di Rumah

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menggabungkan dasar-dasar terapi seni dalam rejimen perawatan di rumah Anda:

– Jadikan proyek seni sebagai bagian dari rutinitas Anda. Jangan khawatir bagaimana hasilnya, nikmati saja prosesnya.

– Sediakan bahan yang aman dan tidak beracun. Cat air adalah pilihan yang baik untuk melukis, krayon dan buku mewarnai untuk orang dewasa bekerja dengan baik, dan patung dengan tanah liat juga merupakan pilihan yang baik.

READ:  Apa Yang Harus Dilakukan Pada Tahun Baru China?

– Membangun persahabatan. Anda mungkin mempertimbangkan mendaftarkan orang yang Anda cintai dalam kelas seni. Ini akan membantu orang yang Anda cintai untuk terlibat secara sosial dengan orang lain.

– Mengunjungi museum. Melihat seni juga merupakan bagian dari bentuk terapi.

– Membuat scrapbook. Memilih latar berwarna-warni dan menempatkan foto favorit ke dalam album bisa membangun kenangan lama dan merangsang rasa kebersamaan dan kebahagiaan.

(foto: naropa.edu)