Bawang Putih yang Dimasak Akan Lenyapkan Organosulfur Menguntungkan

Loading...

bawang putihMenghancurkan Bawang Putih

Bawang putih biasa digunakan sebagai bahan dasar masakan dan obat. Bawang putih ini memiliki aroma khas yang tajam, apalagi saat dijadikan bumbu masakan.

Akan tetapi, tahukah Anda jika memasak bawang putih dapat mengurangi nutrisi bagi kesehatan? Simak artikel berikut ini:

Senyawa organosulfur

Bawang putih mengandung senyawa organosulfur, yang diyakini memberikan aroma, cita rasa yang nikmat, dan baik bagi kesehatan.

Menurut Linus Pauling Institute, senyawa organosulfur dalam bawang putih bertindak sebagai agen anti-pembekuan darah (anti clotting) dengan menghambat agregasi platelet, dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular, serta melindungi terhadap kanker.

Sebagai aktivitas antikarsinogenik

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Nutrition, bawang putih yang telah mengalami pemanasan, terbukti mengurangi sifat antikanker. Pemanasan bawang putih di microwave selama 60 detik mampu memblokir aktivitas antikarsinogenik.

Ketika bawang putih dihancurkan dan dibiarkan 10 menit, lalu dilakukan pemanasan 60 detik di microwave, ditemukan beberapa aktivitas antikarsinogenik pada bawang putih tersebut.

Efek anti clotting

Mengoven bawang putih pada suhu 200o C atau mendidihkannya hingga 3 menit, tidak mempengaruhi dalam menghambat agregasi platelet, menurut sebuah penelitian yang telah diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Pemanasan mampu menekan semua aktivitas anti clotting bawang putih secara keseluruhan. Sementara bawang putih yang dihancurkan dan dibiarkan beberapa menit sebelum pemanasan, menunjukkan penurunan aktivitas anti clotting, namun masih signifikan.

Bagaimana Memasak Mempengaruhi Bawang Putih?

Menghancurkan bawang putih, akan melepaskan enzim alliinase, yang menyebabkan pembentukan allicin. Allicin kemudian memecah untuk membentuk senyawa organosulfur yang menguntungkan. Namun, panas yang dihasilkan saat proses memasak dapat menonaktifkan alliinase.

Para peneliti telah menemukan bahwa bawang putih yang dihancurkan dan didiamkan selama 10 menit sebelum dimasak, memungkinkan alliinase bekerja.

**

Jadi, jika Anda menggunakan bawang putih sebagai bumbu masakan dan ingin mendapatkan manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh, sebaiknya Anda menghancurkannya dan diamkan terlebih dahulu.

Setelah itu, Anda bisa menambahkannya ke dalam masakan di akhir waktu memasak.

(foto: get-your-kids-cooking.com)

READ:  Penyakit Tipus, Kenali Gejala dan Pengobatannya