5 Macam Scrub Alami dan Aman Bagi Kulit

Loading...

Scrub Alami Dan Aman Bagi Kulit

Pengelupasan kulit merupakan salah satu unsur penting untuk mendapatkan kulit yang lembut, halus dan segar. Dalam proses pengelupasan tersebut, sel-sel kulit mati bisa diangkat sehingga kulit nampak lebih sehat dan cerah.

Makanya tak jarang para wanita memasukkan kosmetik ataupun pembersih wajah yang mengandung scrub ke dalam daftar belanjaan mereka. Padahal ada beberapa bahan alami yang pastinya mudah didapat serta tidak memiliki efek samping dalam penggunaannya yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pengelupasan kulit.

Apa sajakah bahan-bahan tersebut? Simak uraiannya berikut ini!

1. Gula

Gula merupakan salah satu eksfoliator kulit yang sangat baik. Gula bisa membersihkan dan menyingkirkan sel-sel kulit mati dengan lembut sehingga kulit bisa nampak lebih cerah.

Anda bisa mencampurkan beberapa sendok gula pasir atau gula tebu dengan sedikit glycerin atau minyak esensial lain, dan gel lidah buaya lalu menggosokkan campuran tersebut dengan lembut secara memutar di wajah. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Glycerin berfungsi untuk melembabkan dan gel lidah buaya berfungsi melembutkan kulit sekaligus menyembuhkan kemerahan pada kulit.

READ:  Inilah Alasannya Mengapa Jerawat Tidak Boleh Dipencet!

2. Havermut atau Oatmeal

Gandum mentah (bukan yang dimasak, oatmeal instan yang banyak dijual dalam kemasan) juga merupakan salah satu jenis scrub alami yang memberikan manfaat bagi kulit.

Caranya: campurkan 3 sdm oatmeal dengan 1 sdt madu murni atau madu organic serta ¼ sdm cuka sari apel. Aplikasikan ke wajah dan gosok secara memutar dengan perlahan. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

Selain melembabkan, manfaat lain yang bisa didapatkan dari scrub oatmeal ini adalah membantu meregenerasi kulit sehingga kulit akan nampak lebih halus dan kenyal.

3. Garam

Garam juga bisa dimasukkan dalam bahan untuk membantu proses pengelupasan kulit. Scrub garam laut bisa mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

Caranya dengan mencampurkan 1 sdm garam laut dengan minyak zaitun secukupnya dan tambahkan dengan minyak buah apricot secukupnya (minyak buah apricot mampu menghidrasi kulit) jika Anda mau. Lalu gosokkan secara perlahan pada wajah Anda dan bilas setelah didiamkan selama beberapa saat.

4. Kacang Kenari atau Walnut

Campurkan kacang kenari yang telah dihancurkan dengan 1 sdt yogurt tanpa rasa atau plain. Lalu gunakan campuran tersebut untuk menggosok wajah Anda. Diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

READ:  Amankah Penggunaan Laser Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat?

Kenari berfungsi untuk membantu pengelupasan dengan cara mengangkat sel kulit mati dan yogurt merupakan anti bakteri serta anti jamur sehingga kulit Anda akan terasa lebih bersih dan segar. Yogurt juga mengandung asam laktat yang tinggi, berguna untuk merawat kulit dan mencegah munculnya keriput atau garis halus pada wajah.

5. Teh Hijau

Teh hijau tak hanya sedap untuk diminum namun juga memiliki manfaat yang baik jika diaplikasikan langsung ke kulit, yakni dengan cara dijadikan scrub. Makanya tak jarang beberapa kosmetik maupun produk perawatan kulit mengandung teh hijau.

Cara mudah untuk melakukan scrub dengan teh hijau adalah dengan membuka bungkusan, menyeduhnya dalam cangkir dan mengambil bubuk teh.  Gosokkan perlahan di wajah. Diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Jadi, Anda bisa mendapatkan 2 manfaat sekaligus dalam 1 kantong teh hijau, yaitu, minuman yang menyehatkan dan kulit wajah yang sehat serta cantik. Teh hijau sendiri mengandung antioksidan yang mampu memerangi radikal bebas (yang menyebabkan kusam pada wajah) serta memiliki sifat anti-inflamasi sehingga sangat baik bagi kulit sensitif dan berjerawat.

READ:  Bagaimana Cara Mengatasi Selulit?

(foto: waysofwellness.co.za)