6 Tips Mendownload File Dengan Aman di Internet

Loading...

game angry birdsAngry Birds, salah satu game yang paling banyak diunduh di Internet

Internet atau biasa disebut dunia maya bukanlah hal asing, hampir semua kalangan mampu menggunakan internet. Segala jenis informasi bisa diperoleh lewat internet termasuk gambar, video ataupun aplikasi berbagai macam games. Beberapa ebooks ataupun software apa dengan mudah diambil dari internet dengan cara mendownloadnya secara gratis maupun berbayar.

File yang didownload juga dapat berasal dari berbagai negara di belahan dunia lain. Mendownload file dari internet dapat memberikan keuntungan yang banyak, namun juga ternyata sangat berbahaya bila tidak hati – hati.

Nah,bagaimana cara mendownload file dengan aman dari internet?

1. Perhatikan ukuran file

Sebelum mendownload file seperti software atau aplikasi dari internet, perhatikan dahulu ukuran filenya. Bila ukuran file yang seharusnya anda download yaitu 15 MB, namun ternyata file yang diberikan ukurannya hanya 100 KB, berarti file yang anda download bisa saja mengandung perangkat lunak yang berbahaya bagi komputer anda.

READ:  5 Keahlian yang Anda Dapatkan dari Internet

2. Aktifkan Firewall

Sebelum mendownload file dari internet, pastikan firewall aktif. Fungsinya adalah menghentikan lalulintas keluar jika sebuah program yang anda download mencoba mengirim informasi privasi kepada hacker.

3. Perhatikan ekstensi file

Berhati – hatilah terhadap ekstensi file berganda yang telah anda download misalnya file yang diberi ekstensi seperti filename.img.exe.

File tersebut berusaha disembunyikan oleh hacker untuk mengecoh pengguna agar tidak curiga terhadap file berbahaya tersebut. Ketika file tersebut diaktifkan maka ia akan bekerja tanpa anda ketahui dengan mengirim informasi penting kepada pemilik asli file.

4. Memasang antivirus terupdate

Jika laptop / PC anda selalu terhubung dengan internet maka pasanglah antivirus yang selalu terupdate agar dapat menghalau file bervirus yang masuk ke dalam komputer anda.

5. Perhatikan feedback

Beberapa website download menyediakan fasilitas kotak komentar di bawah file yang akan didownload. Sebaiknya anda membaca dahulu beberapa komentar yang masuk, anda bisa mengetahui sebuah file mengandung virus atau tidak dari kotak komentar tersebut.

READ:  Cara untuk Unlock iPod yang Terkunci

6. Download melalui situs resmi

Mendownload software langsung dari situs aslinya dapat menurunkan resiko file terkena infeksi virus atau malware. Waspada terhadap website yang memberikan crack, keygen, dan serial number sebuah software secara gratisan. Biasanya hacker menyisipkan malware ke dalam keygen.

**

Itulah 6 tips mendownload file di internet dengan lebih aman. Selamat mencoba.

Photo : angrybirds.wikia.com