Yoga Dapat Membantu Meringankan Tekanan Darah Tinggi

Loading...

manfaat yoga

Orang yang mengikuti praktek yoga mungkin mendapatkan dorongan kesehatan tambahan, sebuah studi baru menunjukkan bahwa ia dapat melawan tekanan darah tinggi – yang juga dikenal sebagai hipertensi.

Yoga dan Pengendalian Hipertensi

“Penelitian ini menegaskan bahwa olahraga mungkin berguna dalam pengendalian hipertensi,” kata Dr. Howard Weintraub, seorang ahli jantung dan profesor kedokteran di NYU Langone Medical Center di New York City. Weintraub tidak terkait dengan studi baru.

Berdasarkan temuan baru, “yoga akan menjadi tambahan yang berguna dalam menurunkan tekanan darah pada populasi tertentu,” katanya.

Seperti yang dilansir dari webMD, dalam studi tersebut peneliti yang dipimpin oleh Dr. Debbie Cohen dari University of Pennsylvania melacak 58 wanita dan pria, berusia 38-62 tahun, selama enam bulan.

Meskipun studi ini tidak dapat membuktikan hubungan sebab-akibat, melakukan yoga dua sampai tiga kali seminggu berhubungan dengan penurunan rata-rata dalam pembacaan tekanan darah dari 133/80 menjadi 130/77, kata para peneliti.

Sebagai perbandingan, penurunan rata-rata tekanan darah lebih kecil (134/83 menjadi 132/82) di antara orang-orang yang makan makanan khusus tetapi tidak melakukan yoga.

READ:  6 Ciri Dan Gejala Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Yang sedikit mengejutkan, melakukan yoga bersama dengan makanan khusus tidak mengungguli yoga itu sendiri – angka tekanan darah yang turun hanya sedikit (135/83 menjadi 134/81), kata para peneliti.

Weintraub mengatakan penelitian menunjukkan bahwa “yoga dapat memiliki efek yang menguntungkan” pada hipertensi. Meskipun jumlah perubahannya kecil, katanya, “beberapa studi populasi yang besar telah menyarankan bahwa perubahan sebesar ini bisa memiliki manfaat jangka panjang yang sangat signifikan.”

Keterbatasan Penelitian

Studi ini memiliki beberapa keterbatasan, termasuk lamanya yang relatif singkat dan fakta bahwa sebagian besar peserta masih muda dan memiliki bentuk ringan dari tekanan darah tinggi, kata Weintraub.

Ahli lain sepakat bahwa praktik India kuno yoga bisa meringankan hipertensi.

“Yoga, bersama dengan latihan pernapasan, meditasi dan refleksi batin, adalah pendekatan kardiovaskular integratif untuk kesehatan yang lebih baik, termasuk menurunkan tekanan darah, seperti yang ditunjukkan data ini,” kata Dr. David Friedman, kepala Heart Failure Services di North Shore-LIJ Plainview Hospital, di Plainview, New York.

READ:  4 Cara Terbaik Mencuci Buah dan Sayur

Penemuan ini telah dipresentasikan dalam pertemuan ilmiah tahunan American Society of Hypertension, di San Francisco.

(foto: solesistersvictoria.com)