Kandungan dan Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat buah bit

Buah bit merah ini termasuk dalam golongan umbi yang memiliki banyak kandungan gizi dan baik untuk kesehatan. Mulai dari akar hingga buahnya memiliki kandungan yang dapat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit.

Buah ini memiliki warna unik yang terjadi akibat adanya pigmen betalain seperti Betanin dan Betacyanin. Banyak manfaat yang dihasilkan buah ini yang dapat menyehatkan tubuh Anda. Berikut ulasannya.

1. Buah ini memiliki kadar kalori yang sangat rendah kalori (45 kcal/100 g), dan mengandung nol kolesterol dan sedikit lemak. Buah ini mengandung banyak serat, vitamin, mineral, dan baik sebagai anti-oksidan.

2. Akar buah ini merupakan sumber yang kaya akan senyawa fitokimia, glisin betain. Betaine memiliki sifat yang dapat menurunkan kadar homosistein yang berbahaya untuk pembuluh darah.

Tingginya kadar homosistein dalam darah dapat membuat berkembangnya penyakit jantung koroner (PJK), stroke dan penyakit pembuluh darah perifer.

3. Jika Anda ingin mengkonsumsi buah ini secara langsung, akan lebih baik karena Anda dapat langsung mendapatkan folat.  Folat diperlukan untuk sintesis DNA dalam sel karena jika diberikan secara teratur dapat mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

READ:  Mengenal ISPA, Infeksi Saluran Pernapasan Atas

4. Mengandung sedikit vitamin-C, tetapi daun dari umbi ini merupakan sumber dari vitamin. Daun dari umbi ini juga merupakan sumber karotenoid, flavonoid anti-oksidan, dan vitamin A yang memiliki lebih banyak kandungan dari pada akar.

Vitamin A berguna untuk menjaga selaput lendir tetap sehat dan penting untuk penglihatan. Mengkonsumsi sayuran yang kaya akan flavonoid membantu melindungi tubuh dari kanker paru dan kanker rongga mulut.

5. Akar juga merupakan sumber yang kaya vitamin B-kompleks seperti niasin (B-3), asam pantotenat (B-5), pyridoxine (B-6) dan mineral seperti besi, mangan, tembaga, dan magnesium.

 (foto: sharingdisana.com)