Manfaat Mengkonsumsi Ikan Untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat ikan

Ikan adalah jenis pangan yang paling banyak dikonsumsi terutama di negara maju seperti Jepang. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi ikan. Anda dapat mengkonsumsi ikan dalam berbagai jenis mulai dari ikan air tawar sampai air laut.

Dilengkapi dengan vitamin dan mineral serta sumber utama asam lemak omega-3 sehingga dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit mulai dari kanker hingga penyakit jantung, depresi dan arthritis.

Berikut beberapa penyakit  yang dapat Anda hindari dengan rutin mengkonsumsi ikan.

Penyakit Jantung

Tidak heran banyak dokter atau ahli gizi yang menyarankan Anda untuk mengkonsumsi ikan segar setidaknya dua porsi setiap minggunya.

The British Heart Foundation menyatakan dengan mengkonsumsi ikan segar dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan memberikan kesempatan Anda untuk bertahan hidup setelah mengalami serangan jantung.

Kandungan minyak dalam ikan dapat  menurunkan kadar lemak yang disebut trigliserida dalam darah yang berhubungan dengan penyakit jantung. Minyak ikan juga membantu mengurangi pembekuan darah dan ketidakstabilan detak jantung.

READ:  Manfaat Mengkonsumsi Ikan Secara Rutin

Alzheimer

Asam lemak tak jenuh ganda yang banyak Anda dapatkan pada ikan dapat mencegah kerusakan sel-sel otak. Makan ikan juga mengurangi resiko tekanan darah tinggi, yang terkait dengan demensia.

Karena itu, saat Anda mengkonsumsi makanan laut seperti ikan setidaknya sekali seminggu akan menurunkan resiko lebih rendah terkena demensia yang terkait dengan penyakit Alzheimer  selama tujuh tahun dari pada mereka yang tidak mengkonsumsi ikan.

Kanker

Sebuah penelitian di Swedia menyatakan bahwa mereka yang tidak  mengkonsumsi  ikan memiliki risiko terkena  kanker prostat dibandingkan dengan mereka yang makan dalam jumlah sedang atau besar.

Bukan hanya ikan tetapi hewan laut seperti kerang, kepiting dan lobster, juga mengandung selenium yang juga  diperkirakan dapat  melawan kanker.

Depresi

Ikan dapat membantu meringankan depresi.  Asam lemak omega-3  diyakini dapat meningkatkan kadar serotonin (Hormon Bahagia) dalam otak.

Radang sendi

Mengkonsumsi ikan memiliki resiko lebih rendah terkena radang sendi seperti arthritis. Beberapa studi juga menunjukkan minyak ikan berguna mengurangi gejala rheumatoid arthritis.

READ:  Bagaimana Cara Agar Tetap Sehat Di Musim Hujan?

**

Demikianlah manfaat mengkonsumsi ikan untuk kesehatan tubuh. Perhatikan juga kesegaran ikan dan cara pengolahannya untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Ikan putih seperti cod merupakan sumber protein yang baik, rendah lemak dan mineral. Untuk  ikan berminyak seperti sarden, pilchards, salmon dan mackerel memiliki konsentrasi tertinggi dari omega-3 asam lemak sedangkan kepiting, lobster dan kerang mengandung selenium, diperkirakan memiliki sifat melawan kanker.

 (foto: blog.kitchenwaredirect.com.au )