Tips Agar Tetap Fit dan Bersemangat Saat Menopause

Loading...

Tetap fit saat Menopause

Menopause merupakan fase alami yang akan dialami oleh setiap wanita, biasanya dimulai di usia di atas 40 tahun. Ini merupakan suatu fase akhir dari proses biologis sistem reproduksi wanita.

Disinilah saat menstruasi berakhir dengan penurunan hormon. Pertambahan usia membuat menstruasi yang diakibatkan ovarium menurun dan perlahan akan hilang sehingga tidak ada lagi proses menstruasi. Proses berhentinya mestruasi inipun tidak mendadak terjadi, butuh lebih kurang 12 bulan untuk berhenti total.

Menopause secara tidak langsung akan mempengaruhi kondisi kesehatan fisik dan psikis dari seorang wanita. Tidak sedikit bahkan hampir semua wanita yang di umur menopause merasa mudah lelah, tidak fit dan sering merasa psikologis yang tidak tenang, gundah dan rasa rendah diri karena sudah merasa tua.

Namun ada beberapa tips yang bisa dilakukan dan menjadi patokan anda agar bisa tetap fit di saat menopause bahkan bisa mengurangi kadar emosional anda yang tidak stabil dikarenakan merasa sudah tidak muda lagi.

Berikut ada beberapa tips agar tetap fit dan bersemangat saat menopause, yang bisa anda coba:

READ:  7 Tips Dasar Memasak bagi Pemula

1. Konsumsilah makanan yang rendah lemak, seimbang, rendah garam dan sedikit gula. Perbanyak makan buah dan sayuran untuk mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral.

2. Berolahraga dan tetap menjaga stamina tubuh dengan bergerak, mengeluarkan keringat dan tetap beraktifitas seperti biasanya.

3. Joging, berenang, bersepeda dan berdansa adalah pilihan yang tepat untuk mengalihkan perhatian dan pikiran tentang menopause.

4. Tetap berpikir positif, lakukan banyak ibadah dan kegiatan sosial untuk menenangkan hati dan pikiran anda.

5. Konsumsi tempe dan tahu untuk menambah hormon estrogen anda karena tempe dan tahu mengandung fito estrogen.

6. Jangan gegabah mengkonsumsi vitamin A dan D karena dua vitamin ini tidak bisa dikeluarkan tubuh dengan mudah. Jadi jangan berlebihan karena akan menjadi racun dalam tubuh.

7. Kurangi kafein, alkohol dan minuman soda.

8. Sabar dan tetap menerima keadaan sebagai anugerah kesehatan yang diberikan kepada kita.

(foto: foxnews.com)