Usaha Ternak Lebah Madu, Semanis Madunya

Loading...

budidaya lebah madu

Kalau mendengar kata lebah mungkin kita yang awam akan langsung membayangkan ngerinya sengatan lebah. Namun jika mendengar kata madu, kita akan membayangkan khasiat luar biasa dari produk hasil buatan lebah-lebah ini.

Tapi tahukan anda bahwa lebah madu adalah aset berharga? Lebah madu adalah prospek bisnis yang paling menggiurkan karena keuntungannya yang besar dengan modal usaha awal yang tidak terlalu besar.

Seekor lebah mungkin tidak akan mengubah sesuatu bagi manusia. Namun jika manusia beternak lebah untuk komoditi penghasil madu terbesar, bayangkan berapa keuntungan yang akan dihasilkan lebah untuk kita?

Selain khasiat madu yang memang sudah diakui seluruh dunia dan dicari hampir semua orang di dunia, maka madu merupakan komoditi besar yang berpeluang sangat besar untuk terus bertahan dan berkembang.

Madu digunakan untuk hampir semua hal, seperti untuk obat-obatan, untuk bahan kosmetik bahkan untuk bahan makanan dan minuman.

Jadi tidak salah jika peluang berbisnis lebah madu menjadi salah satu pilihan ide usaha yang masuk akal dan menggiurkan.

READ:  5 Khasiat Madu Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Untuk memulai bisnis lebah madu ini, anda bisa melakukan survey pasar dan kemungkinan prospek ini bisa berkembang dengan baik.

Konsumen dan Permintaan Produk Madu

Untuk pertama, hal yang perlu diperhatikan adalah konsumennya dan permintaan akan produk madu. Dalam bisnis lebah masu ini anda bisa membidik calon konsumen dari semua kalangan karena madu selalu digunakan dan dibutuhkan di mana saja.

Sebut saja penjual jamu juga menggunakan madu sebagai campuran jamu mereka. Sungguh sebuah produk alam yang bisa bermanfaat bagi seluruh dunia.

Budidaya Lebah Madu

Selain konsumen dengan permintaannya, bisnis ini juga harus dipahami bagaimana cara kerja, rencana dan cara budi daya lebah madu.

Pada dasarnya ada beberapa jenis lebah madu yang sangat baik di budidayakan dan ada beberapa yang agak sulit untuk dibudidayakan.

Anda harus memahami segala seluk beluk tentang peternakan lebah madu ini. Bisnis ternak lebah madu ini merupakan bisnis yang menjanjikan untung yang besar sehingga peluang ini menjadi semakin besar dan semakin banyak pesaingnya.

READ:  Benarkah Madu Berbahaya Untuk Bayi?

Kekurangan Bisnis Lebah Madu

Namun anda juga harus memahami kekurangan yang mungkin terjadi dalam bisnis lebah madu ini.

Di antaranya adalah resiko dan kendala seperti cuaca, serangan hama dan penyakit akan menjadi hambatan bisnis budidaya lebah madu ini.

Untuk itu diperlukan strategi matang dan rencana cadangan yang akan dilakukan jika terjadi kendala tadi. Siapkan juga solusi paling tepat dalam menangani semua hambatan yang ada, barulah memulai bisnis budidaya ini sepenuhnya.

Strategi Pemasaran

Pastikan juga anda memahami strategi pemasaran produk madu yang dihasilkan lebah madu ini. Harga jual yang tinggi membuat banyak kompetitor nakal akan berusaha merusak kualitas dan nama baik usaha yang anda rintis.

**

Demikialanh tips dan trik memulai bisnis lebah madu. Kunci kesuksesan adalah pengetahuan yang cukup serta dibantu tenaga atau staf ahli di bidang ini agar segala kemungkinan kendala budidaya dan bisnis bisa sama-sama dicarikan solusi yang tepat.

(foto: spkpdesacikanyere.blogspot.com)