Mengenal Jenis-jenis Rumput Laut dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Loading...

Rumput Laut

Biasanya rumput laut kita kenal hanya bisa menjadi bahan untuk makanan seperti agar, puding dan sejenisnya. Dapat juga dijadikan campuran minuman ataupun campuran bahan makanan jajanan di pasar.

Namun tahukah anda secara mendetail apa saja jenis rumput laut yang ada dan biasa di konsumsi? Apa sajakah khasiat yang bisa diberikan rumput laut jika kita konsumsi dan gunakan?

Akhir-akhir ini pun rumput laut juga mulai digunakan untuk bahan dasar kosmetika dan produk perawatan kecantikan. Ada beberapa jenis rumput laut yang biasa dikonsumsi dan digunakan oleh manusia.

Berdasarkan penelitian mengatakan bahwa rumput laut bisa digunakan sebagai pengganti garam yang akan ditambahkan ke pasta. Selain itu juga digunakan untuk makan roti seperti memakan sandwich dengan menggantikan fungsi daging. Namun sebenarnya khasiat utama dari rumput laut lebih dari sekedar menjadi bahan makanan untuk dikonsumsi dan mengenyangkan perut saja.

Khasiat rumput laut antara lain:

1. Anti kanker.

Penelitian di Harvard di Amerika menyatakan, wanita Jepang yang hampir menopause namun rajin mengkonsumsi rumput laut akan berpeluang tiga kali lebih sedikit terserang kanker payudara dibanding mereka yang tidak mengkonsumsi rumput laut secara rutin.

READ:  Rumput Laut Kaya Akan Kandungan Nutrisi

2. Antioksidan dan mengandung klorofil.

Karena sama persis dengan ganggang laut hijau, rumput laut akan berfungsi sebagai antioksidan sehingga bisa menangkal radikal bebas yang akan membahayakan tubuh.

3. Pencegah penyakit jantung, tekanan darah dan resiko stroke.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi rumput laut akan sangat baik untuk menyerap kadar garam di dalam tubuh sehingga terhindar dari resiko tekanan darah tinggi, stroke dan penyakit jantung.

4.Mengandung banyak serat.

Rumput laut bisa dijadikan makanan diet, karena mengandung banyak serat. Akan mudah mengenyangkan dan memperlancar BAB, bahkan penderita diabetes boleh mengkonsumsinya. Kandungan karbohidratnya susah hancur dan dicerna sehingga akan di buang saja melalui BAB.

5. Khasiat lainnya

Selain khasiat di atas, secara umum, masyarakat percaya rumput laut mampu mengobati asma, batuk, bronkitis, TBC, cacingan dan sakit perut.

Selain khasiat dari rumput laut, anda juga perlu mengenal jenis-jenis rumput laut, di antaranya :

-. Bull Kelp.

Rumput laut ini kaya vitamin, mineral seperti magnesium, sodium, kalium, yodium, vitamin B kompleks, Vit A, C, D, E, K.

READ:  3 Tanda Siaga Persalinan!

Khasiatnya adalah bisa mengatasi insomnia, stres dan depresi, dada panas dan sesak. Rumput laut ini punya rasa unik, asin namun segar.

-. Kombu.

Rumput laut dengan rasa asin alami, licin dan lebih enak dikonsumsi setelah dimasak. Mengandung mineral seperti posfor, karoten, vit A, C, D, E, K dan B kompleks.

Pada dunia medis juga digunakan untuk anti virus, karena bisa meredakan rasa nyeri otot dan sendi, menurunkan tekanan darah serta mengatasi insomnia. Tumor juga bisa diatasi dengan ini dan efektif untuk penurunan berat badan.

-. Bladderwrack.

Rumput laut dengan cita rasa seperti tiram, mengandung yodium tinggi, serta mengandung mineral lain sama dengan rumput laut di atas. Sangat baik untuk mengurangi rasa depresi, menambah stamina dan energi serta mengurangi peradangan.

-. Giant Kelp.

Berkhasiat untuk menyembuhkan tiroid dan meningkatkan sistem imun. Banyak mengandung antioksidan, serta mengandung vitamin dan mineral serta asam lemak.

-. Wakame.

Rumput laut dengan rasa asin nan gurih, cocok untuk cemilan, mengandung vitamin dan mineral sama dengan rumput laut jenis lain. Khasiatnya adalah melemahkan sel tumor, pengeluaran toksin dari dalam tubuh, menurunkan tekanan darah dan membersihkan hati serta menyehatkan kulit dan rambut.

READ:  Mengenal Rumput Laut, Si Makanan Super

**

Demikianlah jenis-jenis rumput laut dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh manusia. Sejuta khasiat dan manfaat dari rumput laut, yang tersedia di alam Indonesia.