Selusin Tips dan Cara Mengatasi Rasa Malu

Loading...

tips mengatasi maluMengatasi Rasa Malu

Coba Anda tanyakan pada diri sendiri: Apakah Anda menjadi gugup ketika Anda menjadi sorotan di depan umum? Apakah bertemu orang asing membuat Anda gugup?

Bahkan, apakah berbicara di depan banyak orang membuat Anda ingin lari ke toilet? Jika benar, Anda tidak sendirian. Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa membiarkannya begitu saja.

Banyak orang di dunia menderita rasa malu. Tapi, jika rasa malu yang Anda miliki berlebihan, sebaiknya Anda berjuang mengatasinya. Dilansir wikihow.com, beberapa cara untuk membantu Anda dalam mengatasi rasa malu:

1. Cari tahu apa yang membuat Anda merasa malu

Pelajari semua hal yang membuat Anda merasa tidak tenang ketika menghadapi sesuatu. Berusahalah mencegah pikiran-pikiran yang bisa membuat Anda merasa gugup.

2. Bangun kepercayaan diri Anda

Pikirkan tentang apa yang Anda tahu, apa yang dapat Anda lakukan, dan apa yang telah Anda capai. Itu bisa menjadi modal buat Anda untuk tampil lebih baik di depan banyak orang.

3. Tempatkan diri di lingkungan yang membangun rasa percaya diri

Bergaul dengan orang-orang yang memiliki rasa percaya diri, akan membuat Anda belajar mengurangi rasa malu.

4. Visualisasikan situasi di mana Anda merasa malu

Tutp mata Anda dan visualisasikan situasi di mana Anda mungkin merasa malu. Sekarang, dalam benak Anda, buatlah diri Anda merasa percaya diri. Sering melakukan ini dengan situasi yang berbeda.

Hal ini paling efektif jika Anda melakukannya setiap hari, terutama di pagi hari. Mungkin bagi Anda ini aneh, tapi atlet menggunakan visualisasi untuk mengembangkan keterampilan mereka. Jadi, mengapa Anda tidak lakukan?

5. Menjaga hubungan dekat dengan orang-orang di sekitar

Mereka selalu ada ketika Anda merasa kurang percaya diri. Mereka akan menyemangati dan mendorong Anda untuk tetap maju.

6. Tersenyum

Tersenyumlah dengan ramah ketika bertemu seseorang. Itu cukup membantu Anda untuk memulai percakapan dengan siapa pun, orang asing atau teman.

7. Berbicara dengan jelas dan sikap yang tegas

Di saat Anda berbicara jelas dengan sikap yang meyakinkan, akan membantu menghindari rasa malu. Anda tidak perlu mengulang apa yang Anda katakan karena berbicara terlalu pelan.

8. Seringlah tertawa

Tertawalah tetapi hanya pada hal-hal yang lucu. Ini akan membantu meredakan ketegangan apapun yang Anda rasakan, dan merasa lebih santai.

9. Tetapkan tujuan untuk diri sendiri

Fokus pada hal-hal kecil, buat prestasi tiap hari, kemudian secara bertahap menjadi lebih berani.

10. Buat daftar situasi yang membuat Anda merasa cemas

Setelah Anda memiliki daftar 10-15 situasi stres, mulailah mengatasi rasa stres tersebut satu persatu. Ini adalah salah satu usaha jitu dalam mengatasi rasa cemas dan malu Anda.

11. Jangan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Semakin banyak Anda membandingkan diri dengan orang lain, semakin Anda akan merasa terintimidasi, yang akan membuat Anda lebih pemalu.

12. Berhenti terobsesi

Cobalah untuk tidak terobsesi tentang apa yang orang pikirkan tentang Anda. Anda harus selalu berpikir bahwa Anda adalah orang yang menyenangkan dan menarik. Ini bisa meningkatkan rasa percaya diri.

**

Anda bisa menerapkan cara ini dalam mengatasi rasa malu. Dalam kondisi apapun, Anda harus tetap tenang. Tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda adalah pemberani. Semoga berhasil.

(Photo: cool-hubber.hubpages.com)

READ:  Mencegah Dan Mengatasi Alergi Telur Pada Anak