Tips Wisata Gunung Bersama Keluarga

Loading...

wisata gunung bersama keluargaWisata gunung bersama keluarga

Berwisata alam ke gunung sangat cocok dilakukan bersama keluarga. Selain dapat melihat pemandangan indah ciptaan tuhan, anak-anak bisa belajar menaklukan tantangan, melatih kesabaran dan kerjasama mereka. Ayah dan Ibu bisa sambil menjelaskan tentang sifat-sifat gunung berapi atau menjelaskan akan pentingnya menjaga kelestarian alam.

Namun memang, Anda harus memilih destinasi wisata gunung yang pengelolaan wisatanya aman dan bersahabat dengan anak-anak. Misalnya, gunung tersebut tidak bermedan sulit dan curam, atau belum ada transportasi yang memudahkan pendakian menuju puncak.

Anda bisa memilih wisata gunung ke gunung Rinjani atau gunung Bromo. Dua gunung tersebut didaulat sebagai gunung dengan pemandangan terindah di Indonesia.

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia setelah Gunung Jaya Wijaya di Papua. Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur.

Setelah menetukan tujuan wisata gunung yang akan Anda tuju, langkah selanjutnya Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

READ:  Berakhir Pekan Bersama Keluarga di Rumah Terapung Pinrang

a. Finansial

Liburan bersama keluarga bukanlah liburan seorang diri, artinya Anda membutuhkan budget yang cukup besar dan realistis. Biasanya pos pengeluaran yang paling besar dikeluarkan adalah untuk akomodasi menuju tempat wisata.

Misalnya, untuk menuju gunung Bromo, para pengunjung harus naik jeep untuk mencapai gunung tersebut lalu disambung dengan kuda jika ingin melihat kawahnya. Setelah akomodasi, biaya tiket masuk dan biaya hotel (jika ingin melihat sunrise). Baru budget untuk membeli buah tangan atau oleh-oleh.

b. Pakaian

Pakaian yang wajib dibawa pada saat mendaki: yaitu  jaket tebal, kaos tangan, kerpus, syal, kaos kaki dan sepatu yang nyaman. Jangan sampai mengenakan pakaian yang tidak nyaman, karena bisa mengganggu Anda sekelurga dalam pendakian.

Mengingat suhu di gunung itu sangat dingin, apalagi saat dinihari sekitar jam 4 pagi bila melihat sunrise dari puncak gunung. Selain itu jas hujan, jika anda mengunjungi gunung saat musim hujan, jas hujan sangat dibutuhkan di sini.

c. Makanan

Bawalah makanan yang memiliki kalori tinggi dan minuman yang cukup, karena Anda akan mengeluarkan kalori dan cairan tubuh yang cukup banyak. Kami sarankan agar anda membawa perbekalan makanan instan secukupnya.

d. Peralatan Lain

Selain itu alat shalat, handycam dan kamera adalah barang yang wajib dibawa. Bila ada rencana menginap di gunung, peralatan mandi, senter dan alat P3K merupakan barang harus dibawa saat wisata gunung.

**

Demikian tips wisata gunung bersama keluarga. Ssemoga tips ini bisa bermanfaat ^_^

(foto: en.portesdusoleil.com)