10 Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Brokoli

Loading...

manfaat brokoliBrokoli Bagi Kesehatan

Brassica oleracea, atau yang lebih dikenal dengan nama ‘brokoli’ merupakan salah satu jenis sayuran yang baik dalam menjaga kesehatan.

Beberapa orang menyukai brokoli dan beberapa orang membencinya, tapi tidak ada satupun orang yang menyangkal bahwa brokoli memiliki nilai gizi yang tinggi.

Brokoli dianggap sebagai sumber nutrisi yang baik karena kaya akan vitamin C, karotenoid, serat, kalsium, dan folat. Brokoli juga merupakan sumber fitokimia, dan memiliki sifat antikanker.

Berikut adalah 10 alasan mengapa brokoli harus menjadi bagian penting bagi kesehatan Anda (dilansir healthdiaries.com):

1. Sistem Saraf

Brokoli mengandung kadar kalium yang tinggi, dimana membantu menjaga sistem saraf dan fungsi otak secara optimal.

2. Tekanan darah

Seiring dengan jumlah kalium, brokoli juga mengandung magnesium dan kalsium yang membantu mengatur tekanan darah.

3. Vitamin C

Brokoli mengandung vitamin C, salah satu antioksidan yang diperlukan untuk memerangi radikal bebas. Selain itu, vitamin C adalah antihistamin yang efektif untuk meredakan flu.

4. Kesehatan tulang

Di dalam brokoli, terdapat kalsium dan vitamin K, yang keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Detoksifikasi pada kulit

Brokoli sangat membantu dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak, karena mengandung glucoraphanin sebagai detoksifikasi dalam perbaikan sel-sel kulit.

6. Sistem kekebalan Tubuh

Beta-karoten, seng, dan selenium bertindak dalam meningkatkan sistem  kekebalan tubuh, sehingga antigen yang terpapar masuk ke dalam tubuh dapat diatasi.

7. Anti- kanker

Brokoli mengandung glucoraphanin, yang dalam reaksinya menjadi senyawa sulforaphane anti-kanker. Senyawa ini, bisa mencegah pertumbuhan Helicobacter pylori, bakteri yang bisa meningkatkan risiko kanker lambung.

Disamping itu, brokoli mengandung indole-3-carbinol, senyawa antioksidan dan anti-karsinogen yang mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara, serviks dan kanker prostat.

8. Serat tinggi

Serat sangat membantu dalam pencernaan, mencegah sembelit, mempertahankan gula darah, dan menekan nafsu makan.

9. Kesehatan mata

Lutein merupakan salah satu jenis karotenoid pada brokoli yang mampu mencegah penyakit katarak. Selain itu, brokoli merupakan sumber vitamin A yang baik untuk retina mata.

10. Kesehatan Jantung

Lutein karotenoid dapat memperlambat atau mencegah penebalan arteri dalam tubuh manusia, sehingga memerangi penyakit jantung dan stroke.

Vitamin B6 dan folat dalam brokoli juga mengurangi risiko aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

**

Demikianlah 10 manfaat brokoli bagi kesehatan tubuh. Mengkonsumsi jenis sayuran ini, memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Jadi, tidak ada salahnya, jika kita menambahkan brokoli pada menu makanan harian.

(Photo: feedingyourkids.com)

READ:  Tips Sehat Dengan Brokoli