2 Cara Menghilangkan Noda Gosong Pada Peralatan Dapur

Loading...

tips mencuci panci

Peralatan dapur seperti panci atau wajan di rumah sebagian besar mungkin terlihat hitam karena saat Anda memasak, api dari kompor yang digunakan terlalu besar. Mungkin juga Anda tidak menyadari sedang merebus atau memasak sesuatu sehingga meninggalkan masakan terlalu lama.

Saat Anda mencoba untuk mencucinya, segala upaya telah Anda lakukan tetapi warna hitam pada pantat panci atau wajan tidak juga hilang. Berikut ada dua cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan wajan dan panci Anda yang gosong.

Cara 1. Bagian luar panci dan wajan

Anda dapat menggunakan 1 cangkir cuka putih, beberapa sendok makan baking soda dan air. Saat Anda sudah mulai menuangkan campuran tersebut pada pantat panci atau wajan, Anda dapat mengggosok dengan menggunakan spons yang memiliki 2 sisi kasar agar lebih membantu dalam pembersihan.

Anda juga dapat menggunakan kawat pembersih halus untuk hasil yang lebih baik. Selama pencucian, Anda dapat mengaliri wajan atau panci dengan air agar lebih terlihat bagian mana yang masih kotor.

READ:  Jangan Anggap Remeh Demam pada Bayi

Cara 2. Bagian dalam panci dan wajan

Untuk kotoran dalam panci, Anda dapat membersihkannya dengan cara isi panci atau wajan dengan air sesuai dengan ukuran dari kotoran . Setelah itu tambahkan cuka dan baking soda secukupnya. Setelah tercampur, tempatkan panci atau wajan di atas kompor hingga mendidih.

Tidak memerlukan waktu yang lama, karena noda akan terlihat keluar bersama air yang mendidih. Setelah mendidih, tambahkan 2-3 sendok makan baking soda. Diamkan selama beberapa menit sebelum Anda menggosoknya.

Untuk cara menggosoknya, gosok panci atau wajan dengan bagian spons yang kasar. Anda mungkin perlu untuk menggosok selama 30 sampai 45 detik.

Untuk bagian yang agak keras Anda dapat menaburi lagi baking soda dan menunggu beberapa menit higga kering lalu gosok kembali. Setelah selesai bilas dengan air dan Anda akan mendapatkan wajan atau panci yang terlihat baru.

(foto: wolipop.detik.com)