7 Faktor Yang Menyebabkan Kulit Menjadi Kering

Loading...

perawatan kulit keringPerawatan Kulit

Apakah anda mengalami kulit yang kering? Apakah Anda telah mengatasinya, tetapi kulit kering muncul kembali? Banyak faktor yang menyebabkan kisaran kulit menjadi kering.

Meskipun kebanyakan kasus kulit kering (xerosis) disebabkan oleh paparan lingkungan, penyakit tertentu juga secara signifikan dapat mengubah fungsi dan penampilan kulit Anda. Anda perlu memahami apa yang menyebabkan kulit menjadi kering, sehingga akan membantu Anda untuk mencegah hal itu terjadi lagi.

Beberapa potensi penyebab kulit kering meliputi:

1. Suhu mempengaruhi kelembaban

Secara umum, bila berada pada suhu rendah, kulit akan mengering, dimana tingkat kelembaban menurun. Kondisi musim dingin cenderung membuat kondisi kulit menjadi buruk.

Berada pada ruangan yang memiliki Air Conditioner (AC), bisa mempengaruhi kelembaban dan menyebabkan kekeringan pada kulit.

2. Mandi air hangat

Sering mandi dengan menggunakan air hangat dalam jangka waktu yang lama, menyebabkan lapisan kulit luar menjadi lunak dan tidak dapat menahan lipid, sehingga menyebabkan produksi minyak berkurang.

3. Sabun mandi

Memakai sabun mandi dengan komponen bahan yang keras, mampu menepis lapisan protein dan minyak pada kulit. Inilah yang menyebabkan struktur kulit menjadi kering dan kasar.

4. Paparan sinar matahari

Suhu panas, seperti paparan sinar matahari, dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Radiasi ultraviolet (UV) dapat menembus melampaui lapisan atas kulit (epidermis), sehingga serat kolagen dan elastin memecah jauh lebih cepat dari seharusnya.

Hal ini menyebabkan kulit kendur (elastosis surya), dan tampak kering.

5. Dermatitis atopik

Ini adalah salah satu jenis masalah kulit yang umum terjadi, dimana penderita memiliki kulit yang sensitif dan kering. Area sering terkena kekeringan, meliputi wajah, sisi leher, dan daerah lipatan di sekitar siku, pergelangan tangan, lutut dan pergelangan kaki.

6. Psoriasis

Psoriasis merupakan inflamasi kronis pada kulit, dimana kondisi kulit ditandai oleh penumpukan jaringan kulit kasar, kering, dan sel-sel kulit mati membentuk sisik kulit yang tebal. Psoriasis adalah penyakit autoimun yang berbahaya.

7. Gangguan tiroid

Hipotiroidisme, suatu kondisi yang terjadi ketika hormon tiroid dihasilkan sedikit. Hal ini dapat mengurangi aktivitas keringat dan kelenjar minyak, sehingga menyebabkan kulit kering dan kasar.

**

Sekarang Anda tahu bukan faktor yang menyebabkan kulit menjadi kering? Pada poin 5, 6, dan 7, sebaiknya Anda konsultasikan pada dokter ahli kulit untuk penanganan lebih lanjut.

Anda mesti ingat, banyak hal yang menyebabkan kondisi kulit menjadi kering. Namun, Anda bisa melakukan perawatan kulit yang aman, misalnya mengkonsumsi buah-buahan dan masker bahan alami untuk menjaga kelembaban kulit, serta menghindari faktor-faktor yang menyebabkan kulit Anda menjadi kering.

(Photo: defendyourhealthcare.com)

READ:  Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Aman