Yang Perlu Anda Ingat Ketika Memilih dan Membeli Rumah

Loading...

tips membeli rumah

Bisnis property meningkat pesat seiring pertumbuhan ekonomi dan anggota masyarakatnya di Indonesia. Kebutuhan akan tempat tinggal yang nyaman membuat pilihan rumah menjamur dimana-mana dengan tawaran-tawaran yang menggiurkan.

Rumah adalah istana pribadi bagi semua yang menetap di dalamnya. Di dalamnya segala aktifitas terbentuk dan juga pribadi kita.

Memilih dan membeli rumah tidaklah segampang membalikkan telapak tangan. Perlu perhitungan yang jelas, akurat, dan bermanfaat untuk jangka panjang. Sebab rumah yang tidak sejalan dengan pola hidup Anda, bisa jadi membawa hal negatif dalam kehidupan.

Untuk membantu Anda mengetahui bagaimana memilih dan membeli rumah idaman yang terbaik, berikut adalah beberapa tips menarik untuk Anda simak.

Ingat Aktivitas Anda

Bukan Anda yang harus menyesuaikan diri bila membeli sebuah rumah. Rumah itulah yang harus disesuaikan dengan Anda. Bila pribadi Anda cepat dalam beradaptasi, itu tidak masalah. Namun bagaimana bila tidak, jadi runyam jadinya.

Pilihlah rumah yang memudahkan aktvitas Anda berlangsung. Bagaimana dan dimana letak rumah tersebut, apakah mudah menuju tempat kerja atau tidak. Meskipun mahal, namun itulah harga yang harus direlakan untuk mendapatkan kenyamanan hidup.

Ingat Rumah Second

Tak ada salahnya melirik ke rumah tipe second. Soal harga tentu berbeda dengan rumah baru. Bila Anda hunting ke sebuah kompleks, tak ada salahnya mencari rumah-rumah second yang dijual oleh pemiliknya.

Kondisi rumah tersebut dan sekitarnya bisa Anda gali lebih banyak dari pemilik rumah. Soal harga, pastinya bisa nego. Ingat, bila Anda ragu dengan rumah second, lebih baik langsung saja ke kantor pemasaran sebuah kompleks untuk bisa mendapatkan rumah sesuai keinginan Anda.

Ingat Developer Berpengalaman

Khusus untuk Anda yang mencari rumah dalam sebuah kompleks, selalu pastikan bahwa perumahan tersebut dikembangkan oleh developer berpengalaman. Hati-hati dengan para developer dadakan, semua fasilitas di dalamnya pastilah dadakan juga, dan dadakan pula rusaknya.

Sudah menjadi hak Anda untuk mengulas jauh tentang si developer perumahan yang bersangkutan. Seperti apa saja perumahan yang sudah dikembangkannya dan bagaimana testimoni dari konsumennya. Jangan sampai sebuah fasilitas di rumah Anda tidak benar-benar berfungsi karena developer dadakannya lari. Tentu Anda sendiri yang rugi.

Ingat Nilai Jual Belinya

Tips praktis ini bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli rumah bekas dalam sebuah kompleks perumahan. Bila membeli rumah bekas dengan patokan apakah kompleks ini berkembang atau tidak bisa Anda ketahui lewat perbandingan nilai jual dan nilai belinya.

Sebuah rumah dalam perumahan yang baik tentunya akan naik dua kali lipat dalam rentan waktu 5 tahun. Artinya, membandingkan harga beli rumah pertama dengan harga jual yang sekarang Anda hadapi. Sebab tentu rumah strategis dengan perkembangan yang baik akan menghasilkan nilai jual tinggi.

Ingat Sistem Lelang

Rumah lelangan tidak selamanya buruk loh. Meskipun banyak tantangannya, tapi itulah seninya dalam mencari rumah idaman. Mengapa harus lelang? Sebab di pelelangan harga-harga miring ditawarkan.

Hanya satu yang perlu diingat, perbanyak referensi Anda tetang rumah yang dilelang tersebut. Jangan sampai Anda masuk perangkap kucing dalam karung. Selain itu, banyak juga properti-properti rumah yang ditawarkan di sana.

**

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ingat dalam memilih dan membeli rumah. Semoga bermanfaat.

(foto: paragouldrealestate.com)

READ:  8 Desain Rumah Kontainer yang Menarik