Ini Dia Jenis Makanan Yang Dapat Membuat Anda Lelah

Loading...

makanan membuat lelah

Ada beberapa jenis makanan yang mungkin bisa saja membuat  tubuh Anda merasa lelah atau semangat tergantung pada apa yang Anda makan.

Saat Anda memilih menu yang berukuran besar seperti burger king atau nasi dalam ukuran jumbo, tentu akan membuat Anda malas beraktivitas dan membuat Anda mengantuk.

Karena itu penting untuk Anda mengetahui jenis makanan apa saja yang dapat membuat tubuh Anda lelah.

Pada umumnya, makanan yang memicu rasa lelah dan timbulnya rasa ingin istirahat adalah makanan dengan kalori tinggi. Makanan ini seakan menghisap habis energi Anda. Dibutuhkan energi lebih untuk mengolah jenis makanan tersebut dalam sistem pencernaan Anda.

Berikut adalah 3 jenis makanan yang akan membuat Anda mudah lelah, dan disarankan untuk  tidak dikonsumsi secara berlebihan agar tidak menghambat aktivitas Anda sehari-hari.

Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat memang dapat memberikan energi untuk Anda beraktivitas karena mereka melepaskan glukosa ke dalam aliran darah dengan cepat setelah dikonsumsi.

Tetapi sebenarnya makanan berkabohidrat seperti nasi putih, kentang, pasta dan roti putih adalah karbohidrat yang dapat membuat Anda lelah dan mengantuk. Ini disebut sebagai indeks glikemik tinggi.

Lemak

Makanan yang digoreng seperti daging memiliki kadar lemak yang tinggi, dan makanan ringan berminyak seperti keripik jagung dan keripik kentang dapat membuat Anda menguap.

READ:  Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigi

Ini karena Anda membuat sistem pencernaan Anda bekerja lebih keras dari biasanya untuk memproses lemak. Karena itu makanan seperti ini  benar-benar dapat membuat Anda merasa lelah dan ingin meninggalkan meja kerja Anda.

Makanan Manis

Jenis makanan satu ini disukai oleh semua umur. Padahal jenis makanan tersebut seperti donat, permen, es krim, puding dan kue dapat membuat Anda lelah.

Hal ini dikarenakan meningkatnya kadar gula dalam tubuh Anda dan akhirnya membuat tubuh melepas  insulin, yang memicu triptofan di mana tryptophan akan diubah menjadi serotonin.

Sehingga pada komponen terakhir yaitu neurotransmitter yang ada di otak Anda akan memberi tanda pada tubuh Anda untuk segera beristirahat.

**

Demikianlah 3 jenis makanan yang akan membuat Anda lelah. Untuk Anda yang memiliki aktivitas padat, disarankan untuk menghindari konsumsi berlebihan dari jenis makanan tersebut.

Jalani pola hidup sehat, olahraga ringan setiap hari dan istirahat cukup pada malam hari agar tubuh Anda selalu fit menjalani setiap aktivitas. Semoga bermanfaat.