Homeopati, Apakah itu?

Loading...

homeopatiHomeopati

Homeopati atau obat homeopati, adalah filosofi dan praktek medis yang didasarkan pada gagasan bahwa tubuh memiliki kemampuan untuk menyembuhkan dirinya sendiri. Homeopati didirikan pada akhir 1700-an di Jerman dan telah dipraktekkan secara luas di seluruh Eropa. Obat homeopati memandang gejala penyakit sebagai respon normal tubuh karena upaya untuk mendapatkan kembali kesehatan.

Homeopati didasarkan pada gagasan bahwa “menyembuhkan seperti penyakit suka” Artinya, jika zat penyebab gejala penyakit pada orang yang sehat, memberikan orang jumlah yang sangat kecil dari substansi yang sama dapat menyembuhkan penyakitnya. Secara teori, dosis homeopati meningkatkan penyembuhan normal tubuh dan self-regulatory proses.

Praktisi kesehatan homeopati (homoeopat) menggunakan pil atau campuran cairan (solusi) yang mengandung hanya sedikit dari bahan aktif (biasanya tanaman atau mineral) untuk pengobatan penyakit. Ini dikenal sebagai zat yang sangat diencerkan atau “potentiated“. Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa obat homeopati mungkin bermanfaat.

Homeopati digunakan untuk apa?

Secara historis, orang telah menggunakan homeopati untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit jangka panjang, seperti alergi, dermatitis atopik, rheumatoid arthritis, dan sindrom iritasi usus besar. Selain itu juga telah digunakan untuk mengobati luka ringan, seperti luka dan goresan dan strain otot atau keseleo. Pengobatan homeopati tidak dianggap sesuai untuk penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, infeksi utama, atau keadaan darurat.

READ:  Manggis Untuk Pengobatan Kanker Payudara

Homeopati telah banyak digunakan di India, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya.

Apakah homeopati aman?

Obat homeopati telah diatur di Amerika Serikat sejak 1938 dan dianggap aman.

Beberapa kritikus homeopati percaya bahwa ada begitu sedikit zat aktif dalam suatu larutan dan setiap manfaat dari pengobatan mungkin bukan karena substansi obat-obat tersebut tetapi karena Anda berpikir itu efektif (efek plasebo).

Pendukung homeopati percaya bahwa meskipun solusi homeopati sangat diencerkan, mereka berisi “memori” dari substansi dalam air. Tubuh mengakui adanya substansi tersebut dan bereaksi untuk itu. Studi telah mencoba untuk menentukan apakah efek dari pengobatan homeopati adalah plasebo atau apakah beberapa tindakan lain terjadi. Meskipun studi ini tidak bisa mengidentifikasi bagaimana homeopati bekerja, ada bukti bahwa pengenceran homeopati berbeda dari placebo.

Hal ini penting untuk memberitahu dokter Anda jika Anda memutuskan untuk menggunakan obat homeopati. Dokter Anda harus memiliki pengetahuan penuh kesehatan Anda untuk membantu membuat keputusan yang bijak tentang di mana melakukan pengobatan homeopati dan apa yang harus dilihat praktisi homeopati dari Anda. Namun homeopati bukan merupakan jalan keluar untuk pengobatan jenis penyakit yang sudah dalam tahap sangat serius.

READ:  Bakteri Dapat Melawan Malaria

Selalu beritahu dokter Anda jika Anda menggunakan terapi alternatif atau jika Anda berpikir tentang menggabungkan terapi alternatif dengan pengobatan medis konvensional Anda.

(photo: xyzkadin.com)