Inilah 7 Dampak Buruk Sering Mengenakan Pakaian Ketat

Loading...

jins ketatBeberapa model celana jins ketat wanita

Pakaian ketat adalah gaya baru dalam tren berbusana. Dahulu yang suka mengenakan pakaian ketat hanya wanita. Namun sepertinya tren pakaian ketat tidak akan hilang, terbukti dengan kaum pria yang juga mulai mengenakan pakaian ketat.

Pakaian ketat diyakini dapat membuat penggunanya merasa percaya diri, terutama bagi yang memiliki tubuh yang indah.

Padahal celana atau baju ketat dapat membuat kita menjadi tidak leluasa untuk bergerak, selain itu juga membuat kita kesulitan saat mengganti pakaian. Walaupun banyak yang menyukainya  ternyata pakaian ketat dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan manusia baik pria maupun wanita.

Nah, apa saja dampak buruk sering memakai pakaian ketat?

1. Menyebabkan sakit punggung

Menggunakan celana jins yang terlalu ketat dapat menekan otot punggung sehingga menyebabkan rasa sakit pada punggung.

Hal ini akan sangat terasa ketika anda duduk sebab celana anda akan menekan pinggang sangat kuat dan akan terasa kesemutan pada bagian tersebut.

2. Menyebabkan jamur pada kulit

Baju atau celana yang terlalu ketat membuat kulit menjadi kekurangan ruang untuk bernafas. Sementara tubuh selalu mengeluarkan cairan. Terutama pada musim panas, jumlah cairan yang dihasilkan tubuh menjadi lebih banyak.

READ:  Daftar 12 Vaksin yang Dipalsukan Menurut BPOM

Cairan tubuh yang keluar membuat permukaan kulit menjadi lembab dan dapat berpotensi menyebabkan jamur tumbuh subur. Jenis jamur yang sering ditemukan adalah panu dan kurap, serta jamur kandida yang basah dan terasa gatal.

3. Mengganggu pergerakan usus

Menurut Dr Octaviano Bessa, seorang internis dari Stamford, Connecticu. Menggunakan pakaian terlalu ketat dapat mengganggu mobilitas usus. Sehingga biasanya kita akan merasakan sakit pada perut 2 atau 3 jam setelah makan.

4. Menurunkan kualitas sperma

Bagi pria yang sering menggunakan celana ketat dapat membuat jumlah spermanya menurun, dari yang awalnya berjumlah sekitar 60 juta/ ml dapat turun menjadi 20 juta/ ml.

Hal ini diakibatkan oleh skrotum (lapisan pelindung testis) sering tertekan oleh pakaian yang ketat sehingga menyebabkan suhu menjadi tidak normal.

Jika berlangsung secara terus – menerus dapat memperburuk kualitas sperma dan mengakibatkan jamur oleh tumpukan keringat yang tidak bisa keluar di sekitar penis.

5. Meningkatkan jumlah asam lambung

Sering mendapat tekanan yang besar dari perut dapat menyebabkan naiknya cairan asam lambung, bahkan dapat sampai ke kerongkongan.

READ:  Tips Mix and Match Pakaian Untuk Mahasiswa

6. Menyebabkan infeksi pada saluran kemih

Menggunakan celana jeans yang sangat ketat terutama pada bagian selangkangan dapat meningkatkan tekanan pada kandung kemih.

Akibatnya bakteri mudah berkembang biak dan memasuki tubuh. Pertambahan jumlah bakteri yang masuk dapat menyebabkan infeksi saluran kemih.

7. Menyebabkan pingsan

Sering mengalami pingsan bisa jadi diakibatkan oleh pakaian yang terlalu ketat. Hal ini disebabkan oleh pakaian ketat yang membatasi kita untuk memperluas paru – paru, oksigen yang dihirup menjadi berkurang dan terasa sesak nafas

**

Ternyata banyak juga dampak buruk bila sering mengenakan pakaian ketat. Anda termasuk penggemar pakaian ketat? Sebaiknya pikirkan dahulu dampaknya terhadap kesehatan anda.

(foto : 175.103.60.89)