Pengaruh Buruk Diet Soda Pada Gigi

Loading...

diet soda dan gigi

Konsumsi berat diet soda dapat merusak gigi separah metamphetamine atau kokain, sebuah studi baru berpendapat.

“Amati keduanya dari sisi ke sisi, mengejutkan untuk melihat intensitas dan tingkat kerusakan kurang lebih sama,” kata Dr. Mohamed Bassiouny, seorang profesor kedokteran gigi restoratif di Temple University School of Dentistry di Philadelphia.

Methamphetamine, kokain dan soda – manis atau tidak – semua sangat asam dan dapat menyebabkan masalah gigi yang sama, kata Bassiouny dalam sebuah penelitian yang diterbitkan baru-baru ini dalam jurnal General Dentistry, seperti yang dilansir dari everydayhealth.com.

Bahaya Diet Soda

Asam dalam soda berbentuk asam sitrat dan asam fosfat, kata Bassiouny. Tanpa kebersihan gigi yang baik, paparan konstan dapat menyebabkan erosi dan kerusakan oral signifikan, katanya.

Dalam studinya, ia menemukan bahwa seorang wanita berusia 30-an yang minum 2 liter diet soda setiap hari selama tiga sampai lima tahun mengalami gigi lapuk dan membusuk sangat mirip dengan yang diderita oleh pecandu methamphetamine berusia 29 tahun dan pengguna kokain berusia 51 tahun.

READ:  Soda Bergula, Fruit Punch, dan Resiko Batu Ginjal

Metamfetamin dan kokain diketahui merusak mulut penggunanya, dan pecandu keduanya harus mengekstraksi semua giginya.

Selain memaparkan gigi terhadap asam yang merusak, obat-obatan ilegal mengurangi jumlah air liur dalam mulut, memberikan kesempatan lebih sedikit untuk membersihkan asam. Obat-obatan juga menyebabkan masalah kesehatan sistemik yang mempengaruhi kesehatan gigi.

Suatu kelompok yang mewakili produsen minuman ringan mengatakan studi kasus ini tidak harus dilihat sebagai sebuah tuduhan pada diet soda secara umum.

“Sains tubuh yang tersedia tidak mendukung bahwa minuman merupakan faktor yang unik dalam menyebabkan kerusakan atau erosi gigi,” kata kelompok itu. “Namun, kita tahu bahwa menyikat gigi dan flossing, dan kunjungan rutin ke dokter gigi, memainkan peran yang sangat penting dalam mencegahnya.”

Dr. Eugene Antenucci, juru bicara Academy of General Dentistry, mengatakan dia tidak terkejut dengan temuan Bassiouny.

Kerusakan dari konsumsi soda yang berlebihan dapat menyebabkan “noda cokelat yang sangat dalam, di mana ia benar-benar mengikis gigi,” katanya.

Tips Mencegah Kerusakan Gigi

Pencegahan adalah obat terbaik, kata Bassiouny. Seberapa sering Anda minum soda, berapa banyak Anda minum dan berapa lama ia di mulut Anda adalah faktor penting. “Anda dapat membantu mencegah hal itu terjadi dengan mengurangi salah satu dari mereka,” katanya.

READ:  5 Resep Hot Cocoa Sehat

Soda bebas gula tidak lebih baik daripada soda biasa ketika bicara mengenai kerusakan gigi, Bassiouny menambahkan. “Keduanya memiliki efek drastis yang sama jika mereka dikonsumsi dalam frekuensi yang sama, jumlah yang sama dan durasi yang sama,” katanya.

Antenucci mengatakan seseorang perlu mengingat bahwa mereka meminum sesuatu yang sangat asam ketika mereka mengambil soda.

“Dengan begitu, Anda membatasinya dan memahami bahwa Anda perlu membersihkan mulut Anda setelah itu,” katanya. “Bahkan air sederhana akan membasuh keasaman. Dan setiap orang harus menyikat gigi dua kali sehari, jika tidak lebih sering.”

(foto: huffingtonpost.com)