Bagaimana Cara Melakukan Cek Payudara?

Loading...

payudara wanita

Tiga cara mudah untuk melakukan pemeriksaan payudara, seperti yang disarankan oleh Sydney Breast Cancer Foundation, dilansir dari body+soul.

Periksa payudara Anda pada waktu yang sama setiap bulan. Anda harus memeriksa dua sampai tiga hari setelah berakhirnya periode menstruasi Anda.

Jika Anda tidak lagi memiliki waktu, pilih hari biasa setiap bulan untuk pemeriksaan payudara. Temui dokter Anda jika Anda melihat adanya perubahan pada payudara Anda.

cara memeriksa payudara

1. Shower

Letakkan tangan kiri di belakang kepala. Dengan tangan kanan Anda, lakukan gerakan melingkar untuk memeriksa payudara kiri, apakah ada benjolan atau penebalan.

Rasakan dengan ringan, lalu tekan dengan kuat, rasakan semuanya lebih dalam. Selanjutnya, periksa sampai ke tulang selangka hingga keluar ke ketiak. Kemudian lakukan di sisi lain.

2. Cermin

Setelah mandi, periksa payudara Anda di cermin dengan tangan di sisi Anda. Carilah perubahan warna atau bentuk, bentuk lesung atau tekan puting ke dalam.

Letakkan tangan Anda di pinggul dan dorong bahu Anda ke depan untuk memeriksa lagi, kemudian periksa dengan mengangkat tangan di atas kepala Anda.

READ:  Benarkah Memakai Bra Tidak Baik Bagi Kesehatan Wanita?

3. Berbaring

Berbaring pada sisi kiri dengan lutut ditekuk, putar bahu Anda kembali sehingga mendatar di tempat tidur. Tempatkan lengan kanan di bawah kepala Anda. Payudara Anda sekarang akan sedatar mungkin.

Periksa payudara kanan dengan menggunakan metode dalam langkah. Ulangi prosedur untuk memeriksa payudara kiri.

(foto: bodyandsoul.com.au)