7 Bahaya Tersembunyi dalam Produk Kecantikan Anda

Loading...

Cosmetics

Siapa yang tidak ingin terlihat cantik saat berdandan. Setiap wanita pasti menginginkannya terutama untuk Anda yang senang menjadi pusat perhatian lelaki atau gemar hangout.

Tidak jarang dari para wanita tersebut melakukannya karena kegemaran. Mereka menghabiskan banyak uang untuk menjadi cantik atau terlihat berbeda tiap harinya agar terlihat seperti yang mereka impikan dengan membeli berbagai macam kosmetik ataupun mengunjungi salon.

Tapi tahukah Anda kosmetik yang Anda gunakan setiap hari berbahaya atau tidak? Jika ya, apa saja efek buruk yang mungkin timbul baik untuk kecantikan maupun kesehatan Anda?

Kami berbagi beberapa jenis kosmetik yang sering digunakan oleh wanita dan bahaya yang mungkin timbul di balik pemakaiannya.

1. Eyeliners

Eyeliner sudah dikenal sejak dulu, bahkan telah digunakan oleh Ratu Cleopatra. Eyeliner saat ini banyak digunakan para wanita asia yang sebagian besar dapat kita temukan di Negara korea.

Eyeliner sendiri memiliki fungsi untuk membuat mata Anda terlihat lebih besar. Tetapi tidakkah Anda ketahui, eyeliner yang Anda gunakan dapat merusak mata Anda.

Ini disebabkan karena bahan kimia yang terdapat dalam eyeliner yang akan menyebabkan penyumbatan bila saat Anda menggunakannya terlalu dekat dengan  kelenjar air mata. Karena itu ikuti petunjuk atau tips penggunaan eyeliner yang benar untuk mengantisipasinya.

READ:  Dampak Buruk Penggunaan Sabun Pemutih Wajah

2. Catok Rambut

Untuk Anda yang memiliki rambut berombak atau keriting biasanya membuat rambut Anda agar terlihat lurus dengan menggunakan alat catok. Ini biasanya dilakukan karena ingin mengikuti tren atau karena ingin terlihat berbeda.

Tapi sebenarnya rambut yang terlalu sering terkena alat panas seperti catok rambut, dapat membuat  kulit kepala kering dan berketombe.

3. Pewarna Rambut

Jika Anda gemar menggunakan pewarna rambut, sebaiknya kurangi pemakaian tersebut. Hal ini akan membuat dampak buruk jangka panjang pada rambut Anda.

Bahan kimia yang disebut dengan Phenyline Diamin yang biasanya digunakan dalam pewarna rambut dapat menyebabkan segala macam alergi. Dampak lain yang ditimbulkan yaitu luka dan bengkak pada kulit kepala serta rambut rontok.

4. Maskara

Maskara merupakan salah satu tempat berkembangnya bakteri. Hal ini disebabkan karena bakteri memiliki afinitas terhadap bahan yang terdapat dalam maskara.

Hal lain yang juga memungkinkan bakteri untuk berkembang karena udara lembab yang terdapat pada maskara. Tabung yang terbuka saat Anda menggunakan maskara akan membuat bakteri lebih mudah masuk pada tabung maskara Anda.

READ:  Yuk, Buat Sendiri Toner Wajah Anda!

Simpanlah maskara pada tempat yang kering dan tidak terlalu lembab.

5. Lipstik

Lipstik adalah salah satu kosmetik yang dianggap menjadi penunjang untuk penampilan para wanita. Tetapi di balik kegunaan lipstik yang membuat Anda terlihat cantik, benda ini dapat menyebabkan kanker bibir.

Hal ini bisa saja terjadi karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Sekitar 67 jenis lipstik yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia yang dapat menyebabkan kanker bibir. Karena itu, hati-hatilah saat akan membeli lipstik.

6. Terapi Ikan

Beberapa bulan yang lalu, terapi ikan yang biasanya ditemukan dalam mall, booming. Ikan ini dapat memakan semua jenis kuman dan kulit mati pada kaki Anda dan membuatnya mulus.

Tetapi tidakkah Anda membayangkan saat seseorang yang terjangkit HIV melakukan terapi ikan ini kemudian Anda datang, bukankah sangat beresiko. Meskipun masih belum ada kejelasan ilmiah tentang hal ini, Anda dapat melakukan pencegahan dengan tidak melakukan terapi ikan jika kaki Anda memiliki luka terbuka.

READ:  4 Tips Belajar Memasak yang Menyenangkan

7. Kuku Palsu

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan kuku palsu. Masalahnya ada pada saat Anda menggunakan lem kuku yang mengandung bahan kimia yang disebut Etilena dan Metil Meta Akrilat (MMA), yang  keduanya diketahui dapat menyebabkan masalah pernapasan.

Karena itu akan sangat memungkinkan untuk Anda terkena kanker kulit.

**

Untuk masa pemakaian sebuah kosmetik seperti maskara dapat digunakan selama 3 bulan. Cat kuku 2 bulan dan untuk produk kecantikan lain maksimal 10 bulan. Jika Anda tidak meperhatikan masa kadaluarsa produk kosmetik Anda, akan menjadi sarang berbagai macam penyakit yang berkembang dengan cepat.

 (foto: mokhtarco.ir)