Manfaat Telur Ayam dan Ikan Tuna

Loading...

sumber proteinSumber protein

Telur merupakan salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi bagi orang yang ingin membentuk ototnya. Itulah mengapa para binaragawan rutin mengkonsumsi telur sebagai makanan utama mereka.

Manfaat Telur

Telur mengandung banyak protein dan sedikit lemak. Protein yang ada di dalam telur merupakan sumber yang alami dan memiliki nilai biologis yang tinggi ( 88% protein akan diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh).

Namun sayangnya banyak yang mengatakan bahwa hanya putih telur saja yang baik untuk dikonsumsi. Itu merupakan mitos yang salah.

Jika telur dikonsumsi secara utuh atau keseluruhan, baik kuning dan putihnya, maka Anda akan mendapatkan 22 jenis asam amino esensial yang sangat baik untuk membantu membentuk otot.

Bahkan beberapa binaragawan juga mengkonsumsi telur bersamaan dengan kulitnya karena menganganggap kulit telur juga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh mereka.

Untuk membentuk otot Anda disarankan untuk mengkonsumsi telur secara mentah karena mengandung nutrisi esensial dan protein lebih banyak. Jika diolah, sebagian protein dalam telur akan rusak atau hilang.

READ:  Phthalate Dan Bahayanya

Anda tak perlu khawatir dengan bakteri Salmonella yang banyak dikatakan orang terdapat dalam telur yang tidak dimasak. Karena pada kenyataannya, dari 30.000 telur hanya ada 1 telur yang terinfeksi bakteri Salmonella.

Hal ini berarti bahwa kemungkinan terkena efek buruk diakibatkan memakan telur mentah sangatlah kecil atau rendah. Lagipula sebagian besar kasus yang mengatakan mengkonsumsi telur yang terinfeksi bakteri Salmonella bisa diatasi dengan mengambil antibiotik dan sangat jarang terjadi kasus yang serius.

Manfaat Ikan Tuna

Selain telur, ikan tuna juga merupakan salah satu sumber protein yang baik.  Telur mengandung kolesterol yang tinggi sehingga tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki riwayat penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

Karena itulah, bila Anda tidak dapat mengkonsumsi telur diakibatkan riwayat penyakit, bisa mengkonsumsi ikan tuna sebagai alternatif sumber protein.

Selain protein, tuna juga mengandung antioksidan, kaya akan asam lemak omega 3, dan minyak ikan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

(foto: fitbie.msn.com)