Tips dan Cara Menjaga Punggung Tetap Kuat Berapapun Usia Anda

Loading...

sakit punggungSakit punggung

Sakit pada punggung seringkali menimbulkan rasa tak nyaman saat kita beraktivitas. Tak hanya mengganggu, ia juga dapat menyebabkan problem kesehatan seperti gangguan pernapasan, pencernaan, dan gangguan kontrol tubuh pada usus besar dan kandung kemih.

Hal ini dikarenakan punggung memegang peranan yang teramat penting, bersama dengan otak, merupakan bagian dari sistem saraf pusat yang menjadi tempat bergantungnya sistem penghubung saraf. Di sinilah terdapat jutaan saraf mengirimkan pesan yang berlalu lalang dari otak untuk mengontrol fungsi tubuh.

Jika Anda sampai mengalami satu atau beberapa dari gangguan tersebut di atas, bisa jadi ada kebiasaan tak sehat yang selama ini Anda jalani tanpa sadar dan telah menimbulkan rasa sakit yang mengganggu.

Untuk mencegah hal tersebut, Dr.Kenneth Hansraj, seorang ahli bedah dan ortopedi asal Amerika Serikat, merekomendasikan tujuh langkah berikut sebagaimana disarikan dari CNN.com:

1. Postur tubuh  yang baik

Postur yang baik amat penting bagi kesehatan punggung, namun banyak dari kita yang kurang memperhatikannya dengan menunduk atau membungkuk baik saat berjalan maupun saat duduk di kursi.

Padahal, postur yang baik, menurut sebuah riset dari San Fransisco University, ditemukan adanya kaitan antara postur tubuh yang buruk dengan depresi, dan banyak ahli yang percaya bahwa sikap menunduk dan membungkuk dapat dikaitkan dengan kecemasan, kenaikan berat badan, migrain, rasa panas dalam perut, dan gangguan pernapasan.

READ:  Arti Lingkaran Warna Pada Kemasan Obat

Maka dari itu perlu diperhatikan agar postur yang baik senantiasa terjaga. Untuk postur yang baik kedua telinga Anda mesti sejajar dengan pundak, sementara tulang belikat mesti tertarik.

Hal ini bermanfaat mengurangi stres pada punggung, dan posisi ini merupakan posisi yang paling efisien untuk mencapai postur terbaik. Dengan postur yang baik Anda nampak lebih tinggi, pernapasan yang lebih dalam, energi yang meningkat, dan kondisi kebugaran yang lebih baik.

2. Pernapasan mendalam

Letakkan tangan di perut dan rasakan gerakannya saat menghirup dan menghembuskan napas. Lakukan hal ini sebanyak mungkin dalam sehari untuk meningkatkan postur dan kesehatan punggung secara keseluruhan.

Pernapasan perut yang mendalam memungkinkan saraf punggung bergerak di antara saluran punggung yang menghilangkan nyeri dan membawa perasaan nyaman ke dalam tubuh.

3. Berolahraga untuk punggung dan sendi

Menurut American College of Sports Medicine, olahraga bersifat seperti terapi. Cukup 10 menit sehari saja sudah cukup untuk menguatkan tulang punggung Anda.

Olahraga yang tepat adalah gerakan pemanasan yang mengharuskan banyak stretching atau peregangan. Dengan melakukan stretching rutin pada leher, lengan, pundak, dan bahu, dapat secara dramatis meningkatkan kesehatan tulang punggung.

READ:  Memilih Produk Perawatan Kulit Selama Kehamilan

Selain latihan tersebut, Anda juga bisa melakukannya dengan push up yang juga turut menguatkan punggung dan otot yang terkait langsung dengan postur tubuh Anda.

4. Makanan yang menyehatkan punggung

Makanan juga mempengaruhi kesehatan punggung, bahkan memegang peranan kunci. Pola makan yang mengandung protein, lemak sehat, buah-buahan segar, serta sayuran sangatlah ideal untuk membangun tubuh dan otot yang dapat menyokong punggung.

Selain itu, suplemen dengan multivitamin B kompleks dan Omega-3 juga bermanfaat mengurangi rasa sakit pada saraf di punggung.

5. Berjemurlah setiap hari

Sinar matahari memiliki efek yang ajaib pada tubuh, termasuk punggung Anda. Sinar matahari meningkatkan energi tubuh, dan ‘membangunkannya’ hingga tubuh berdiri dengan postur yang lebih tegap.

Selain itu, sinar matahari mengandung vitamin D yang amat dibutuhkan untuk tulang yang kuat, yang diproduksi di dalam tubuh melalui paparan sinar matahari. Usahakan untuk menyisihkan 10-20 menit untuk berjemur setiap harinya.

6. Tidur dengan cukup

Banyak studi yang menunjukkan kurangnya tidur terkait dengan peningkatan masalah leher dan punggung. Amatlah penting memperoleh waktu tidur yang cukup, antara 6-8 han, dan tidurlah dengan posisi yang merelaksasi punggung. Posisi yang ideal adalah tidur menyamping yang mengurangi tekan pada punggung.

READ:  6 Khasiat Sehat Minum Susu Kedelai

Anda juga mesti menyiapkan beragam keperluan tidur seperti kasur dan bantal yang nyaman, menyiapkan air segar, dan menjauhkan diri dari beragam alat elektronik sebelum waktunya tidur.

7. Relaksasi pikiran

Relaksasi pikiran dengan melakukan pernapasan perut yang dalam dapat mengembalikan kesigapan, membantu meningkatkan mood, dan meningkatkan produktivitas.

Dengan fokus pada pernapasan dan pikiran dengan merilekskan tubuh, kita cenderung memperbaiki postur untuk mencapai hal tersebut. Maka dari itu, pikiran yang rileks juga terkait erat dengan kesehatan punggung Anda.

**

Demikian tips menguatkan punggung dan menghindarkannya dari rasa nyeri.Tak ada kata terlalu dini ataupun terlambat, karena selalu ada kebiasaan sehat yang bisa kita kembangkan setiap harinya. Sekecil apapun yang dalam jangkauan kita, karena yang terpenting adalah segera memulainya sesuai kemampuan.

(foto: Flickr – zonasepeda)