5 Buah Eksotis dari Pulau Kalimantan

Loading...

Buah ElaiBuah Elai, salah satu buah eksotis Kalimantan

Kalimantan tak hanya dikenal dengan kekayaan hutannya yang menawan.Tetapi Kalimantan juga ternyata memiliki kekayaan flora yang beraneka ragam. Contohnya buah-buahan.

.Ada banyak jenis buah-buahan yang mungkin tak lazim kita jumpai di lingkungan kita sehari-hari.Buah-buahan ini tumbuh di wilayah Kalimantan dan menjadi khas dari kekayaan alam Kalimantan.

Berikut adalah 5 buah eksotis dari pulau Kalimantan yang perlu kita ketahui.

1. Buah Bemotong

Warnanya merah segar. Namun akan berubah menjadi kecoklatan jika kita petik dari pohonnya. Daging buahnya berwarna ungu atau putih. Rasanya pun manis.

Buah ini memiliki biji tapi bisa kita telan bijinya seperti halnya saat kita memakan buah manggis. Menarik bukan?

2. Buah Elai

Dari bentuknya, buah elai sekilas mirip dengan buah durian. Wanginya pun sama seperti durian meskipun tidak begitu menyengat seperti durian. Jika kita buka isi dalamnya, barulah terlihat ada perbedaan.

Buah elai memiliki warna daging yang cenderung orange, berbeda dengan durian yang cenderung putih atau kuning.Tekstrur dagingnya pun berbeda dengan durian. Jika durian memiliki tekstur yang empuk dan basah, maka elai kebalikannya, agak kasar dan cenderung kering.

READ:  6 Negara Terbaik untuk Wisata Kuliner

Buah elai maupun buah durian termasuk buah yang disukai masyarakat Kalimantan. Jika anda berkunjung ke Kalimantan saat musim buah elai, maka anda akan cenderung mendapatkan harga lebih murah. Penasaran mencoba?

3. Buah Keledang

Buah keledang ini sepintas mirip seperti buah nangka. Rasanya pun manis. Jika anda pernah mencoba buah manggis dan nangka, maka buah keledang memiliki sensasi rasa seperti keduanya.

Cara mengambil buahnya pun lebih mudah daripada mengambil buah nangka, karena anda cukup memutar-mutar bijinya saja. Aromanya pun tidak menyengat seperti nangka ataupun cempedak.

Jadi, jika anda tidak suka buah yang beraroma menyengat, maka anda patut mencoba buah ini.Buah keledang termasuk buah yang sudah jarang ditemui.

Jika anda menemui buah ini saat berkunjung ke Kalimantan, tak ada salahnya untuk mencoba, karena buah ini akan memberikan sensasi kenikmatan yang pasti membuat anda suka.

4. Buah Kapul

Bentuknya mirip dengan buah manggis.Yang membedakan adalah pada ujung buahnya tidak ada bentuk bintang seperti yang terdapat pada buah manggis.Kulit buahnya pun seperti kulit kayu.

READ:  6 Tempat Menyeramkan di Jogja

Biji kapul juga hanya terdiri dari 4 buah saja, tidak seperti manggis yang memiliki 5 biji.Namun rasanya? Sama seperti buah manggis.

5. Buah Ihau

Buah ini merupakan buah asli Kalimantan timur.Bentuknya bundar seperti kelereng dan mirip dengan kelengkeng. Buah ini juga manis menyerupai rasa manis buah kelengkeng.

Pohon ihau memiliki batang yang besar dan menjulang tinggi .Buah ini juga memiliki dua jenis warna, ada yang berwarna kuning kecoklatan dan berwarna hijau.

Jika anda ingin mencicipi buah langka ini, anda bisa datang ke Samarinda tepatnya ke desa Lempake, kecamatan Samarinda utara, karena di sana buah ini sudah dibudidayakan oleh petani setempat.

(foto: azifrayani.blogspot.com)