Tips Perawatan Kulit Alami Secara Menyeluruh

Loading...

Tips Perawatan Kulit Alami Secara Menyeluruh untuk Wanita

Jangan buang-buang uang pada kosmetik dan produk perawatan kulit berbahan kimia. Mari mempelajari tips dan cara perawatan kulit secara alami. Selain lebih murah, perawatan kulit alami juga menjanjikan hasil yang sangat aman dan nyaman.

Anda bisa mendapatkan kulit mulus dan indah alami hanya dengan melakukan sejumlah perawatan alami dan meminimalkan penggunaan produk kosmetik berbahan kimia.

Nah, apa saja tips dan cara perawatan kulit secara alami tersebut? Ayo, simak pembahasan berikut ini:

Hindari Paparan Matahari Berlebihan

Berikan perlindungan kulit dari paparan sinar matahari secara langsung untuk mencegah kulit dari dehidrasi dan kerusakan akibat sinar UV karena hal ini akan membakar kulit anda.

Hindari Kosmetik Berlebihan

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa penggunaan kosmetik yang berlebihan pada kulit dapat meningkatkan risiko terhadap berbagai jenis kanker dan masalah kulit lainnya dikemudian hari.

Sebagian besar produk kosmetik menggunakan bahan kimia yang berpotensi membahayakan kulit seperti phthalates dan paraben.

Bahan kimia paraben baru-baru ini ditemukan terdapat dalam jaringan kanker payudara. Bahan kimia ini dapat mempengaruhi hormon estrogen, sementara phthalates dapat berpotensi menyebabkan penurunan jumlah sperma pada pria, menghambat perkembangan payudara serta menimbulkan alergi.

Tidur dan Olahraga Teratur

Tidur yang teratur memberi kesempatan pada tubuh dalam memperbaiki sel-sel yang rusak. Minum air putih minimal 2 liter perhari.

Berolahraga secara teratur dan melakukan pijat refleksi pada tubuh untuk memperlancar  sirkulasi dan aliran darah dalam tubuh.

Penuhi Kebutuhan Air Tubuh

Minumlah minimal delapan gelas air sehari. Hal ini akan membuat kulit terhidrasi dengan baik serta dapat menyehatkan tubuh secara keseluruhan. Sesekali mandi dengan air hangat, hindarilah paparan sauna yang berkepanjangan.

Lindungi Kulit Saat Berenang

Sebelum anda pergi di kolam renang, gosok dengan vaselin dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender pada tubuh anda untuk melindungi kulit dari efek  klorin yang membahayakan kesehatan kulit.

Lakukan Diet Seimbang

Diet seimbang dengan menghindari makanan berlemak tinggi, kolesterol dan sodium karena ketiga jenis makanan ini juga kerap merusak kesehatan kulit jika sudah berlebihan.

Ikuti diet anti-penuaan dini (anti-aging diet) dengan mengkonsumsi aneka buah-buahan dan sayuran berdaun hijau sebagai  antioksidan alami. Antioksidan membantu mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Jika anda tidak mendapatkan antioksidan yang cukup dari diet anda, maka sel-sel kulit anda bisa kehilangan kemampuan dan berfungsinya secara baik.

Konsumsi Vitamin

Beberapa vitamin yang banyak mengandung antioksidan seperti vitamin A, C dan E, flavonoid, beta karoten, selenium, dan seng glutathione.

Jaga Kebersihan Kulit

Bersihkan kulit anda setiap malam karena debu, sel kulit mati dan sisa make up yang kerap menyumbat pori- pori anda. Setelah membersihkan kulit, gunakan toner kulit alami seperti air mawar untuk memberi hasil yang lebih memuaskan.

Exfoliating Kulit

Exfoliating Kulit (pengelupasan kulit) sangat penting untuk membantu proses peremajaan kulit dengan mengangkat sel kulit mati. Eksfoliasi setidaknya dua kali seminggu untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati.

Jaga Kelembaban Kulit

Gunakan moisturizing untuk melindungi kulit anda dari polusi. Gunakan pelembab pada pagi dan sore hari dengan pelembab alami untuk menjaga hidrasi, melembabkan dan melindungi kulit dari kekeringan.

Untuk perawatan kulit normal, campurkan 1 cangkir yogurt, 1 sendok makan jus jeruk dan 1 sendok makan air jeruk lemon dan menerapkannya pada wajah Anda. Bersihkan masker kulit anda setelah 20 menit.

Untuk perawatan kulit kering, gunakan campuran oatmeal dan madu yang dipanaskan ramuan ini merupakan pelembab yang sangat baik sekaligus membersihkan kulit anda.

Perawatan Kulit Tangan

Khusus untuk perawatan kulit tangan, Anda bisa mencoba banyak ramuan alami. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan dari pisang yang telah dihaluskan dan mentega kemudian diaduk hingga rata sebagai bahan oles pada tangan.

Ramuan alami ini akan memberi sensasi menyegarkan sekaligus melembutkan kulit tangan anda sepanjang hari.

Perawatan Bibir

Bibir juga jangan luput dari perawatan kulit secara menyeluruh. Perawatan bibir pada malam hari sangat baik untuk menghasilkan bibir seksi dan mempesona, serasi dengan warna dan kelembutan kulit wajah dan tubuh Anda.

Gosok bibir anda dengan handuk yang lembut untuk menghilangkan sel-sel mati. Lalu oleskan beberapa tetes minyak almond murni pada bibir dan biarkan hingga semalaman.

**

Nah, demikianlah sejumlah cara melakukan perawatan kulit secara alami yang dapat Anda lakukan mulai hari ini. Mulailah lakukan perubahan terhadap cara Anda merawat kulit dan nikmati hasil yang aman, nyaman dan terjamin kualitasnya!

READ:  8 Rutinitas Perawatan Kulit Terbaik untuk Wanita Usia 30-an