Tips Sehat Dengan Brokoli

Loading...

BrokoliBrokoli

Sudah bukan rahasia lagi bahwa sayur-sayuran banyak mengandung vitamin yang  berguna bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis sayuran yang menyehatkan karena kandungan gizi di dalamnya adalah brokoli. Brokoli  tak hanya mengandung antioksidan termasuk vitamin C yang merupakan sumber alami asam folat yang dapat membantu mencegah penyakit hati. Dengan mengkonsumsi brokoli dapat pula melindungi tubuh untuk melawan perkembangan penyakit kanker.

Hasil penelitian Journal Arteriosclerosis Thrombosis and Vascular Biology yang dikutip dari poliklinik.ipdn.ac.id  mengklaim, brokoli efektif mencegah serangan jantung dan stroke. Zat kimia sulforaphane yang terkandung di dalam brokoli, menurut peneliti, berfungsi menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri.

Brokoli memiliki kadar sulforaphane yang paling tinggi dibandingkan sayuran lain seperti bunga kol, tauge, kubis dan pak choi. Temuan lain dari peneliti di John Hopkins University mengungkapkan bahwa ada sebuah kandungan dalam brokoli yang mampu mencegah perkembangan tumor hingga 60 persen. Brokoli juga menunjukan pengurangan ukuran tumor yang tidak berkembang hingga 75 persen.

Zat yang terkandung di dalam brokoli juga bermanfaat sebagai antioksidan. Sedangkan seratnya bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Seperti dikutip dari female first, brokoli merupakan salah satu makanan yang sarat gizi, tetapi memiliki kalori yang rendah, selain itu, sayuran ini juga sering menjadi pilihan yang sehat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

READ:  Definisi Shock Kardiogenik

Untuk dapat  mengonsumsi brokoli yang sehat Anda harus pandai memilih brokoli, seperti jangan memilih brokoli yang sudah berwarna kuning atau yang sudah terlihat layu. Pilihlah brokoli yang masih berwarna hijau segar.