5 Manfaat Serat Untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

Makanan kaya seratMakanan kaya serat

Makan lebih banyak serat adalah cara mudah untuk melawan beberapa penyakit mematikan.

Sebagian besar dari kita cukup awas terhadap fakta bahwa makanan tinggi serat membuat sistem pencernaan kita lebih baik, tetapi manfaat kesehatan dari nutrisi penting ini sebenarnya lebih dari yang Anda pikirkan.

Nah, berikut 5 manfaat serat untuk kesehatan tubuh, dilansir dari body+soul:

1. Serat menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan arteri dan resiko lebih besar terkena penyakit jantung. Untungnya, serat dapat membantu.

“Beta-glukan, jenis serat yang dapat larut, mengikat asam empedu di usus kecil Anda,” kata Orla Hugueniot, ahli gizi Nutrition Australia. “Asam empedu biasanya membawa LDL, kolesterol jahat, ke dalam tubuh Anda. Beta glukan membantu mengeluarkan asam.”

2. Serat membantu menurunkan berat badan

Kelebihan berat badan atau obesitas secara dramatis meningkatkan resiko berbagai penyakit yang mengancam nyawa, dari kanker hingga penyakit jantung dan diabetes.

Serat membantu menurunkan berat badan karena makanan tinggi serat membuat Anda kenyang lebih lama,” kata Hugueniot. Beralih ke makanan tinggi serat juga merupakan cara sederhana untuk memodifikasi makanan Anda tanpa harus menghitung kalori.

READ:  Mengenal Hiperemesis Gravidarum

3. Serat mencegah dan mengelola diabetes

Semua jenis serat membantu mereka dengan diabetes (tipe 1 dan 2) dan pre-diabetes, kata Hugueniot.

“Serat larut memperlambat penyerapan karbohidrat di perut, yang membantu mengatur tingkat gula darah, bagian mendasar untuk mencegah dan mengelola diabetes.”

Efek dapat larut dari serat pada kolesterol juga berguna bagi penderita diabetes, karena mereka sering memiliki tingkat LDL lebih tinggi daripada yang bukan penderita diabetes. Serat larut ini juga terkait dengan pengendalian diabetes, tapi kita tidak tahu persis bagaimana, kata Hugueniot.

4. Serat mencegah kanker usus besar

“Serat meningkatkan kadar bakteri usus baik butirat, yang berperan dalam mencegah kanker usus besar,” kata Hugueniot. “Serat juga mencairkan karsinogen dan zat berbahaya lainnya dalam usus kita, dan mendorongnya keluar dari tubuh kita lebih cepat, mengurangi paparannya terhadap usus kita.”

Makanan kaya serat juga cenderung tinggi antioksidan, yang memberikan perlindungan umum terhadap kanker.

5. Serat mengurangi sembelit

Ini bukan kondisi yang mengancam jiwa, tetapi siapapun penderitanya akan memberitahu Anda bahwa itu akan mempengaruhi kualitas hidup secara signifikan. Hal ini juga dapat menyebabkan kondisi yang lebih menyakitkan seperti wasir dan divertikulitis, kata Hugueniot.

“Semuanya kembali ke pencernaan. Jika Anda memiliki cukup serat dalam makanan Anda, Anda akan memiliki kesehatan pencernaan yang lebih baik secara keseluruhan.”

READ:  7 Tips Kurangi Stres di Malam Hari

Semua jenis serat membantu – serat larut melembutkan tinja, sedangkan serat tidak larut menambahkan massal. Keduanya membuat gerakan usus lebih mudah dan lebih teratur.

(foto: gracilus.com)