7 Tips Merawat Laptop agar Awet dan Tahan Lama

Loading...

tips merawat laptopMerawat laptop agar tahan lama

Laptop adalah sebuah perangkat komputer pengganti PC yang memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Laptop telah menjadi kebutuhan primer terutama pekerja di bidang teknologi informatika, bahkan mahasiswa juga sangat membutuhkannya untuk menyelesaikan tugas – tugas kuliah hingga skripsi mereka.

Nah, agar pemakaian laptop bisa awet dan tahan lama maka kita harus memberikan perawatan yang baik pula. Berikut ini tips agar laptop awet dan tahan lama.

1. Hindari goyangan dan benturan

Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang sangat sensitif. Sangat mudah sekali mengalami kerusakan, maka sebaiknya kita sangat berhati – hati ketika membawanya pergi.

Walaupun kita sudah menggunakan tas khusus laptop tetapi tidak menutup kemungkinan laptop akan tetap meendapatkan guncangan sehingga dapat membuat bagian seperti layar mengalami pecah atau kerusakan pada bagian hardisknya.

2. Jauhkan dari benda yang mengandung magnetik kuat

Laptop sangat peka terhadap benda – benda yang memiliki kekuatan magnet cukup kuat. Oleh karena itu sebaiknya anda menjauhkannya dari segala macam benda – benda yang mengandung magnet tinggi sebab dapat merusak kinerja laptop anda.

READ:  7 Tanda Anda Kecanduan Media Sosial

3. Hindari meletakkan sesuatu di atas laptop

Jangan meletakkan benda – benda yang berbobot berat di atas laptop. Hal ini dapat menyebabkan layar laptop menjadi pecah.

4. Waspada software dari internet

Banyak sekali software yang betebaran di internet. Mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar. Namun perlu diwaspadai terhadap software berbayar yang diberikan secara gratis karena sangat besar kemungkinan mengandung virus yang berbahaya bagi laptop anda.

5. Jangan menggunakan laptop di atas kasur

Ketika bermain menggunakan laptop, sebaiknya anda menggunakannya pada tempat yang rata seperti pada meja.

Sebab jika anda menggunakannya pada tempat yang empuk seperti kasur, dapat menyebabkan tersumbatnya aliran udara pada laptop yang akan berakhir pada kerusakan bagian processornya.

6. Hindari menggunakan laptop sambil dicharge

Laptop yang sering digunakan saat sedang dicharge akan cepat mengalami kerusakan pada bagian baterainya. Baterai laptop akan drop dan tidak memiliki ketahanan yang baik lagi.

7. Hindari penggunaan laptop dalam waktu lama

Penggunaan laptop dalam waktu lama dapat menyebabkan panas pada laptop. Akibatnya dapat terjadi kerusakan pada bagian LCD laptop. Kerusakan LCD laptop ditandai dengan tampilannya yang bergaris, bergetar atau warna yang kurang tajam.

READ:  7 Langkah Menghemat Daya Baterai Laptop

**

Demikianlah tips merawat laptop agar awet dan tahan lama. Biaya perbaikan kerusakan hardware pada laptop membutuhkan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu sebaiknya anda merawat laptop anda sebaik-baiknya.

(foto : mancinginfo.blogspot.com)