Mengenal 5 Makanan Penyebab Bau Badan

Loading...

ketahui_penyebab_bau_badanApa yang menyebabkan bau badan?

Bau badan dapat terjadi karena berbagai hal, misalnya karena hormon atau kurangnya menjaga kebersihan badan. Banyak dari Anda yang mungkin tidak menyadari bau pada badan Anda, tetapi tidak sedikit juga yang merasa risih atau malu dengan bau badan.

Menggunakan parfum atau deodorant mungkin hanya menjadi solusi jangka pendek untuk menghilangkan bau badan.

Salah satu cara yang mungkin akan lebih berhasil mengurangi bau badan yaitu menghindari jenis makanan tertentu. Hal ini disebabkan karena makanan yang dicerna akan bereaksi dalam tubuh dan dapat mengeluarkan bau tidak sedap.

Berikut makanan yang dapat menimbulkan bau badan. Kenali dan hindari.

1. Daging Merah

Daging merah merupakan salah satu penyebab bau badan. Hal ini dikarenakan untuk mencerna daging dibutuhkan waktu yang cukup lama.

Daging membusuk di dalam tubuh karena terlalu lama mengalami proses pencernaan dan akan mengeluarkan bau busuk serta racun dalam tubuh. Racun inilah yang membuat perut menjadi kembung dan mengeluarkan bau melalui keringat.

READ:  6 Hal Sederhana untuk Menjaga Kesehatan

2. Makanan Yang Beraroma Tajam

Makanan yang memiliki aroma tajam seperti bawang putih sangat berperan membuat badan dan juga mulut Anda berbau. Ini terjadi karena bau dari rempah tersebut berubah menjadi gas belerang dalam tubuh dan bercampur dalam aliran darah dengan cepat.

Kemudian gas tersebut akan menguap melalui pori-pori kulit saat Anda berkeringat dan ke paru-paru yang akan mengakibatkan bau mulut. Bau yang dihasilkan dapat bertahan selama berhari-hari.

Karena itu saat mengkonsumsi bawang putih dalam waktu yang lama akan membuat bau badan sulit untuk hilang bahkan dapat bertahan untuk jangka panjang.

3. Makanan Berserat

Walaupun makanan berserat baik untuk pencernaan, tetapi sebenarnya merupakan salah satu penyebab bau badan.

Metana, karbon dioksida dan hidrogen adalah beberapa gas yang dihasilkan ketika mengkonsumsi makanan seperti kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian. Gas ini dihasilkan saat makanan tersebut dicerna.

4. Junk Food

Junk food atau yang dikenal sebagai makanan siap saji menjadi kegemaran setiap orang. Tetapi sebenarnya makanan ini termasuk makanan yang dapat menimbulkan bau badan.

READ:  Kontroversi Tembaga dan Alzheimer

Walaupun makanan yang disajikan sangat menggoda, tetapi kandungan lemaknya yang membuat badan menjadi bau.

Selain itu, makanan olahan yang diproses mengandung minyak yang terhidrogenasi, kelebihan gula serta agen dan emulsifier yang tinggal di usus dan akhirnya menghasilkan bau badan dan bau mulut.

5. Produk Susu

Susu mungkin memiliki banyak manfaat, namun kelebihan asupan susu setiap hari dapat membuat bau badan. Kandungan potein yang tinggi dapat memecah bakteri dalam perut sehingga membentuk hidrogen sulfida.

**

Itulah 5 jenis makanan penyebab bau badan. Selain berusaha untuk menghindari makanan tersebut, Anda juga harus menjaga kebersihan tubuh dan pakaian agar terhindar dari bau badan.

(foto: intisari-online.com)