Cara Membersihkan dan Memasak Brokoli

Loading...

Brokoli adalah sayuran yang mengandung hasil persilangan yang kaya akan antioksidan seperti vitamin C dan beta karoten. Brokoli juga merupakan sumber serat, protein, asam folat, kalsium dan zat besi.

Kandungan nutrisi dan antioksidan yang tinggi pada brokoli membuat beberapa peneliti menyarankan untuk mengkonsumsi brokoli beberapa kali seminggu.

Tetapi untuk mendapatkan brokoli yang sehat tidak hanya dari warna brokoli segar tetapi juga dari cara Anda membersihkannya.

Berikut langkah mencuci brokoli yang dapat kami bagi sekaligus cara memasaknya.

Cara Membersihkan Brokoli:

Untuk langkah awal membersihkan brokoli, pangkas seluruh brokoli dari tangkai.

Jika terdapat brokoli yang memiliki warna lain atau telah rusak, potong bagian tersebut karena terdapat bakteri yang berkembang dan tidak sehat untuk dikonsumsi.

Untuk langkah selanjutnya, Anda dapat menggunakan 2 cara sebagai berikut.

  • Setelah semua brokoli selesai dibersihkan, ambil baskom yang telah diisi dengan garam kurang lebih 1 sdt. Ini akan membantu untuk menghilangkan kutu atau ulat yang bersembunyi dalam brokoli. Setelah beberapa menit bilas brokoli dengan menggunakan air mengalir lalu keringkan.
  • Untuk cara lain, Anda dapat menggunakan cuka dan lemon. Rendam brokoli dalam mangkuk yang telah tercampur dengan cuka atau campuran lemon setelah itu rendam dengan menggunakan air dingin.
READ:  Resep Semur Daging Praktis Nan Lezat di Hari Istimewa

Jika brokoli yang Anda simpan dalam kulkas akan digunakan, Anda dapat menggunakan kain bersih atau handuk kertas untuk membersihkan brokoli dari jamur selama berada dalam kulkas setelah mencucinya dengan air.

Cara Memasak Brokoli :

cara memasak brokoli 1

Untuk langkah pertama, seperti yang dapat Anda lihat pada gambar potong brokoli dalam beberapa bagian.

memasak brokoli 2

Rebus brokoli dengan menggunakan air yang telah ditambahi garam kurang lebih selama 4-7 menit.

memasak brokoli 3

Setelah itu tiriskan brokoli. Lalu steam brokoli dengan menggunakan air panas selama 3-5 menit.

memasak brokoli 4

Setelah ditiriskan, masukkan brokoli ke dalam wadah kaca yang telah diisi dengan air lalu tutup kurang lebih 3-5 menit.

memasak brokoli 5

Setelah itu, Anda dapat menumis brokoli dengan menggunakan bumbu bawang putih, minyak dan cabe merah yang telah dipotong sebelumnya lalu tumis kurang lebih 5 menit.

memasak brokoli 6

Setelah selesai, Anda dapat menyajikannya dengan saus keju, jus lemon, dan mentega. Atau bisa juga ditambahkan garam saja.

**

Demikianlah cara membersihkan dan memasak brokoli. Dengan mengetahui cara membersihkan dengan benar kemudian memasaknya dengan benar pula, Anda dapat memperoleh manfaat sehat dari brokoli secara maksimal. Selamat mencoba.

READ:  10 Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Brokoli

 (foto: ehowcdn.com)