10 Fakta Tentang Minyak Kelapa

Loading...

minyak kelapa

Dari mengalahkan keinginan gula hingga membantu penurunan berat badan, ada lebih banyak manfaat minyak kelapa daripada yang kita sadari.

Berikut 10 fakta sekaligus manfaat dari minyak kelapa, dilansir dari body+soul:

1. Semua lemak tidak diciptakan sama

Minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh rantai medium jangka pendek (medium-chain saturated fatty acids, MCFA), yang merupakan bentuk “sehat” lemak jenuh dibandingkan dengan lemak trans.

Konsumsi asam lemak trans dikaitkan dengan masalah jantung, depresi dan peningkatan kadar kolesterol. Apa artinya mengkonsumsi MCFA dalam minyak kelapa bagi tubuh Anda?

Tubuh kita memetabolisme lemak ini dalam hati, dan segera mengubahnya menjadi energi (bahan bakar untuk otak dan fungsi otot), bukannya disimpan sebagai lemak.

2. Kontrol berat badan

Satu studi pada tahun 2009 melihat kaitan antara penurunan berat badan dan konsumsi minyak kelapa pada wanita dan menemukan bahwa itu mengurangi obesitas perut. Para peneliti menemukan minyak kelapa mudah dicerna dan juga melindungi tubuh dari resistensi insulin.

Cobalah minyak kelapa untuk menurunkan berat badan, awali dengan menambahkan satu sendok teh pada makanan Anda dan tambahkan secara bertahap hingga empat sendok teh per hari.

READ:  Terapi Penggantian Nikotin

3. Meringankan pencernaan

Jika Anda menderita pencernaan yang buruk atau perut kembung, coba tambahkan minyak kelapa pada makanan Anda. Minyak kelapa telah ditemukan memiliki manfaat untuk gangguan pencernaan termasuk sindrom iritasi usus dan mikroba terkait gastroenteritis.

Asam lemak dalam minyak kelapa mengandung sifat anti mikroba, yang memiliki pengaruh menenangkan pada bakteri, candida, atau parasit yang menyebabkan pencernaan yang buruk.

4. Mengelola diabetes tipe 2

Sebuah studi terbaru oleh Garvan Institute of Medical Research menemukan bahwa minyak kelapa melindungi terhadap resistensi insulin, mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Lemak MCFA cukup kecil untuk diserap ke dalam sel di mana mereka dengan cepat diubah menjadi energi. Proses inilah yang tidak hanya mengurangi jumlah lemak yang kita masukkan ke dalam penyimpanan, tetapi meningkatkan sensitivitas insulin.

5. Mendukung kekebalan

Minyak kelapa terdiri dari lemak sehat asam laurat, asam kaprilat dan asam kaprat yang mengandung antijamur, antibakteri, antivirus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Asam laurat mengandung konsentrasi tertinggi asam lemak MCFA, sekitar 75 persen. Tubuh mengubah lemak ini menjadi monolaurin yang diklaim membantu menyembuhkan virus seperti herpes, influenza, cytomegalovirus, helicobacter pylori dan candida.

READ:  10 Resep Mudah Camilan Tengah Malam

6. Meningkatkan metabolisme

Sebuah studi yang dilaporkan dalam Journal of Nutrition menemukan bahwa minyak kelapa meningkatkan metabolisme. Para peneliti menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi dua sendok makan minyak kelapa per hari membakar lebih banyak kilojoule.

Metabolisme yang cepat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga berat badan.

7. Memperlambat garis-garis halus

Kelapa tidak hanya untuk masakan Anda – ia juga dapat menghidrasi kulit dengan baik. Ini menjaga jaringan ikat pada kulit tetap kuat, yang mencegah kendur dan keriput.

Oleskan minyak kelapa langsung ke kulit Anda untuk melembutkan garis-garis halus atau gunakan setiap hari pada wajah dan tubuh Anda agar sehat berseri. Pastikan Anda menggunakan minyak kelapa murni tanpa zat aditif.

8. Memasak pada suhu tinggi

Karena minyak kelapa adalah asam lemak rantai medium jenuh, ia memberikan suhu pengasapan lebih tinggi daripada kebanyakan minyak ganda tak jenuh (polyunsaturated) atau tunggal tak jenuh (monounsaturated).

Jika Anda mempersiapkan resep yang memerlukan suhu tinggi Anda harus mempertimbangkan minyak kelapa untuk memasak. Tidak seperti minyak zaitun yang akan teroksidasi pada suhu tinggi, menciptakan radikal bebas.

READ:  6 Manfaat Menakjubkan Minyak Kelapa

9. Menghentikan keinginan gula

Alih-alih meraih sebotol lollie, cobalah satu sendok teh minyak kelapa murni untuk mengalahkan keinginan gula. Lemak berkualitas baik lebih mengenyangkan dibandingkan karbohidrat.

Sebagian besar dari kita tidak menyadarinya, tetapi kelaparan konstan adalah petunjuk utama bahwa tubuh Anda tidak diberi makan dengan benar.

Dengan jumlah lemak dan protein yang tepat, Anda mendapatkan bahan bakar cadangan energi Anda dengan benar, dan datang bukan dari gula.

10. Memasak

Minyak kelapa sederhana digunakan dalam memasak.

(foto: nyahmag.com)