Makanan Yang Dapat Mengatasi Penyakit Asma

Loading...

asma_infantil

Asma adalah gangguan pernapasan yang menyebabkan saluran udara paru-paru membengkak dan menyempit sehingga menyebabkan sesak napas, sesak dada, dan batuk.

Banyak pengobatan yang telah ditawarkan untuk mengobati penyakit asma. Bukan hanya pengobatan medis, tetapi juga ada beberapa jenis  makanan tertentu yang dapat membantu penderita asma untuk mengontrol kondisi mereka. Tetapi tetap hati-hati, sebab  tidak semua makanan baik untuk penderita asma.

Berikut adalah beberapa jenis makanan atau sayuran yang baik untuk dikonsumsi para penderita asma, yang mungkin dapat mengurangi reaksi asma pada tubuh Anda.

Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya dapat menurunkan darah tinggi (hipertensi) tetapi kandungan yang terdapat di dalamnya yaitu seng, kalium, vitamin A dan C dapat menjadi antibiotik alami.

Bawang putih dapat mengurangi efek asma dan masalah pernapasan lainnya, termasuk bronkitis. Anda dapat mengkonsumsi bawang putih dengan beberapa jenis makanan yang mengandung asam lemak omega-3.

Sayuran Berdaun Hijau dan Gelap

Vitamin E dan selenium yang terdapat pada sayuran jika bekerja sama dalam tubuh dapat membantu sistem peredaran darah dan mengurangi peradangan.

READ:  Segarkan Air Minum Anda Secara Alami

Untuk makanan yang mengandung vitamin E, dapat Anda temukan pada kacang-kacangan, kuning telur, minyak sayur dingin, biji-bijian, sayuran berdaun gelap dan banyak lagi.

Sedangkan untuk makanan yang mengandung selenium dapat ditemukan dalam berbagai makanan nabati dan daging. Penderita asma juga dapat mengkonsumsi buah atau sayur karena tinggi akan antioksidan.

Makanan yang Kaya akan Magnesium

Kadar magnesium yang rendah menjadi salah satu penyebab asma. Karena itu sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung magnesium seperti  bayam, kacang-kacangan, sereal dan lainnya.

Kopi

Memang belum ada penelitian lebih lanjut mengenai khasiat kopi untuk penyakit asma. Tetapi saat ini telah hadir kopi yang mirip dengan theopyhylline,  yaitu obat yang diberikan pada penderita asma. Sayangnya, produk ini masih belum  diproduksi massal atau disebarkan secara langsung.

**

Itulah 4 jenis makanan yang dapat mengatasi penyakit asma. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan manfaat maksimal. Jangan lupa, makanan yang sebaiknya dihindari untuk penderita asma yaitu makanan pedas seperti cabai paprika.

READ:  Daftar 7 Makanan Tersehat yang Baik Untuk Pria

(foto: pequelia.es)