Bagaimana Cara Mencegah Komedo?

Loading...

Cara Menghilangkan KomedoCara Mencegah Komedo

1. Jangan pernah mencuci muka dengan pembersih yang ‘keras’. Karena hal ini akan membaut kulit bereaksi dan menghasilkan lebih banyak minyak di wajah yang menjadi penyebab utama timbulnya komedo.

2. Gunakan cairan pembersih wajah yang lembut dan tidak mengandung scrub di pagi hari. Jangan lupa bersihkan juga wajah ketika malam hari sebelum tidur.

3. Gunakan make-up sesedikit mungkin. Make-up yang berlebihan akan menyumbat pori-pori wajah sehingga kulit akan sulit bernapas. Hal tersebut mengakibatkan penyumbatan di kulit sehingga akan menimbulkan komedo.

4. Cucilah sarung bantal anda seminggu sekali. Kotoran atau debu yang menempel di sarung bantal bisa menempel di wajah juga bila kita menggunakan bantal tersebut. Itu akan membuat wajah kotor dan menyebabkan jerawat serta komedo.

5. Gunakan cuka sari asam atau yang mengandung witch hazel sebagai penyegar setelah membersihkan wajah. Hal tersebut akan membantu mengencangkan kulit agar tetap elastis dan menyingkirkan residu atau sisa pembersih yang masih tertinggal di wajah, lalu oleskan pelembab wajah. Sebaiknya pilih pelembab yang berbahan dasar air karena bila kulit Anda sudah berminyak dan Anda masih menggunakan pelembab dengan oil based, akan membuat kulit semakin berminyak dan menyebabkan pertumbuhan komedo.

READ:  5 Tips Perawatan Rutin Pada Wajah

6. Uap wajah Anda setiap dua minggu sekali. Hal ini akan membantu membuka pori-pori. Caranya dengan menggunakan uap yang berasal dari air panas.

7. Gunakan masker peel-off buatan sendiri. Masker ini bisa dibuat dari gelatin dan tomat yang telah di haluskan. Tomat akan membantu menghaluskan wajah dan membuat wajah nampak merah merona karena mengandung lycopene. Sedangkan gelatin mempermudah pengangkatan komedo dan kotoran diwajah. Gelatin ketika telah mengering di wajah akan bekerja sama baiknya dengan strip pelepas komedo yang banyak di jual di pasaran. Namun, gelatin dan tomat tentunya lebih alami.

(photo: sweettartbeauty.com)