4 Aturan MPASI yang Wajib Diketahui Orang tua

Loading...

bayi sehat

Ada beberapa aturan  penting yang harus anda ketahui sebagai orang tua dalam memberikan MPASI kepada anak anda. Aturan MPASI ini dikutip dari pendapat ahli nutrisi Wied Harry.

Aturan MPASI ini perlu dilakukan jika menginginkan anak anda memiliki pola makan yang sehat. Apa saja aturannya?

Berikut aturan MPASI yang wajib anda ketahui.

1. Tidak Menggunakan gula garam di bawah umur 1 tahun

Mengapa bayi tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi gula garam sejak dini? Garam memang merupakan zat yang tidak kita produksi di dalam tubuh kita.

Oleh karena itu, orang dewasa membutuhkan garam dalam  makanannya agar fungsi tubuh berjalan dengan baik. Tapi, bayi membutuhkan sangat sedikit garam, dan kebutuhan ini sebenarnya sudah dipenuhi melalui ASI atau susu formula.

Karena ginjal bayi tidak dilengkapi kemampuan untuk memproses garam lebih dari kebutuhannya, maka penambahan garam sejak dini dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal kecilnya. Konsumsi garam sejak dini terbukti dapat menyebabkan hipertensi setelah si kecil dewasa.

Lalu bagaimana dengan gula tambahan? Pemberian gula sejak dini hanya akan membuat anak anda terbiasa dengan makanan yang manis-manis. Oleh karena itu, jangan heran jika nanti anak anda akan sering meminta anda membelikannya cokelat, permen, es krim dan makanan manis lainnya.

READ:  12 Alat yang Diperlukan Pria dalam Kotak Perkakasnya

Pemberian makanan manis sejak dini pun dapat memicu resiko obesitas dan penyakit diabetes. Jika anda ingin mengenalkan rasa manis, anda dapat memberikan rasa manis alami dari buah-buahan.

2. Terapkan Disiplin Makan Sejak Dini

Biasakan anak untuk duduk di kursi/stroller saat jam makan. Tidak digendong-gendong dan tidak makan sambil jalan-jalan. Anak usia 6 bulan biasanya sudah mulai bisa berlatih duduk.

Pembiasaan seperti itu  akan melatih bayi anda untuk bisa duduk dengan tenang saat jam makan. Kalau tidak  dibiasakan sejak dini, maka  jangan heran jika nanti anak anda akan lebih suka jalan-jalan atau bahkan lari-larian saat jam makan.

Kalau sudah begitu, anda sendiri yang akan  repot kan?

3. Pilihlah makanan yang sehat dan segar

Biasakan untuk memilih makanan sehat untuk anak, seperti buah-buahan, sayuran, dan makanan berprotein sejak dini. Masukkan berbagai varian makanan sehat dalam menu MPASI nya sehari-hari.

Pilih makanan yang segar dan beragam.  Jangan menggunakan makanan bayi instant karena mengandung gula dan garam tambahan.

READ:  4 Pengaruh Mendengarkan Musik Selama Kehamilan

Jika anak sudah dikenalkan dengan berbagai macam makanan yang sehat, maka dia akan terbiasa dengan makanan tersebut. Anak pun akan cenderung suka makan sayur dan buah karena sudah dibiasakan sejak dini.

4. Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

Ada kalanya anda akan menghadapi saat-saat dimana dia akan susah makan. Hal tersebut bisa saja disebabkan karena giginya mau tumbuh, sedang sakit, jenuh, atau pun karena faktor yang lain.

Nah, suasana makan yang menyenangkan, bisa membuat anak anda merasa senang  dan menikmati jam makannya. Jika suasana hati anak anda sudah positif, maka  ia pun akan memakan makanannya dengan suka cita.

Dan hal terakhir yang perlu anda ingat adalah jangan lupa memberikan contoh langsung pada anak anda. Jika anda ingin anak anda makan dengan tenang, maka anda pun harus demikian.

Jika anda ingin anak anda suka sayur dan buah, maka anda sendiri pun juga harus menyukainya karena sekali lagi, contoh dari orang tua tetap akan menjadi pembelajaran terbaik untuk anak anda. Selamat mencoba.

READ:  Cara Memilih Makanan Bayi

(foto: smhcs.org)