10 Manfaat Tersenyum Untuk Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat senyum

Tersenyum merupakan suatu cara berkomunikasi yang sangat mudah dilakukan. Ketika berjumpa dengan orang-orang baru, senyumanlah yang akan menjadi modal utama untuk menjalin hubungan dengan orang tersebut.

Selain itu Anda pasti sudah mengetahui bahwa tersenyum juga merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menghilangkan stres dan depresi. Namun, ada beberapa manfaat penting lainnya yang bisa Anda dapatkan dari tersenyum.

Tahukah Anda bahwa tersenyum membutuhkan lebih sedikit otot wajah dibandingkan dengan memasang muka cemberut. Beberapa ahli menyatakan bahwa ketika seseorang cemberut, maka otot wajah yang terlibat adalah sebanyak 43, sedangkan tersenyum hanya mmebutuhkan 17 otot wajah saja.

Tersenyum bisa meningkatkan kesehatan Anda dan membuat hidup Anda terasa jauh lebih menyenangkan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang Anda dapatkan dengan tersenyum, dikutip dari about.com:

Senyum Membuat Anda Lebih Menarik

Sadar atau tidak, senyuman bisa membuat Anda terlihat lebih menarik. Terdapat faktor daya tarik tertentu sehingga dengan terseyum Anda bisa tampak lebih menarik, dibandingkan jika Anda mengerutkan dahi, meringis atau bahkan cemberut.

READ:  Tips Merawat Rambut Kering Secara Alami

Senyum Bisa Mengubah Suasana Hati

Dengan tersenyum, Anda bisa mengelabui tubuh sehingga dapat membantu Anda mengubah suasana hati menjadi lebih baik. Maka dari itu, ketika merasa sedih, cobalah mencari hal apa saja yang bisa membuat Anda tersenyum.

Dengan begitu, rasa sedih itu akan terlupakan dan digantikan dengan perasaan yang lebih menyenangkan.

Senyum Bisa Menular

Ketika Anda tersenyum, bukan hanya perasaan Anda yang akan menjadi lebih baik, tapi juga perasaan orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Hal ini disebabkan karena senyuman yang Anda lontarkan bisa menular dan memberi kebahagiaan bagi orang lain di sekitar Anda.

Senyum Bisa Meredakan Stres

Seseorang yang mengalami stres atau depresi akan tergambar jelas di wajahnya. Tapi senyuman bisa mencegah Anda menjadi tampak lelah dan lesu.

Ketika Anda merasa stres, cobalah pikirkan peristiwa-peristiwa yang membahagiakan atau kejadian-kejadian lucu yang dapat membuat Anda tersenyum.

Karena dengan tersenyum, Anda bisa mengurangi stres dan pada akhirnya mampu mengambil tindakan yang tepat.

READ:  Waspada Mengonsumsi Parasetamol Pada Masa Kehamilan

Senyum Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh Anda bisa bekerja dengan lebih baik ketika Anda tersenyum. Pada saat Anda tersenyum, maka fungsi imun akan meningkat sehingga dapat membuat Ada menjadi lebih rileks.

Selain itu Anda juga bisa terhindar dari penyakit seperti flu dan pilek.

Senyum Menurunkan Tekanan Darah

Senyuman dapat membuat tekanan darah Anda turun. Ketika Anda sedang duduk santai sambil membaca, dan kemudian tersenyum selama satu menit, tekanan darah Anda akan lebih rendah daripada sebelumnya.

Senyum Menghilangkan Rasa Sakit

Sebuah studi menunjukkan bahwa tersenyum rupanya mampu melepaskan endorphin, suatu senyawa yang bisa mengurangi dan bahkan menghilangkan rasa sakit secara alami.

Jadi tersenyum adalah obat alami yang bisa membuat Anda merasa lebih baik.

Senyum Membuat Awet Muda

Otot-otot wajah yang terlibat ketika Anda sedang tersenyum bisa membantu mengangkat wajah, sehingga wajah Anda akan tampak lebih muda.

Karenanya, sering-seringlah tersenyum, agar Anda terlihat lebih muda dari seharusnya.

Tersenyum Membuat Anda Terlihat Percaya Diri

Senyum akan membuat Anda terlihat lebih percaya diri. Hal ini tetu saja menguntungkan, karena orang-orang akan merasa bahwa Anda adalah orang yang bisa diandalkan.

READ:  6 Tips Kerja Lembur Agar Stamina Tak Kendur

Senyum Membantu Anda Tetap Positif

Senyuman dapat membuat Anda menjadi orang yang lebih positif dalam menjalani hidup dan mengurangi pikiran negatif.

Dengan terseyum, maka perasaan depresi dan stres bisa Anda kurangi. Hal ini akan membuat hidup Anda menjadi lebih sehat.

(foto: beckyloolife.blogspot.com)