Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat

Loading...

makanan kaya serat

Pada umumnya orang-orang sudah tahu bahwa salah satu cara sukses untuk menurunkan berat badan adalah dengan memasukkan makanan kaya serat ke dalam menu diet harian mereka. Tetapi ternyata, ada banyak manfaat serat lainnya, yang akan mereka dapatkan untuk kesehatan tubuh, tanpa mereka sadari.

Serat dapat diperoleh dari beragam jenis makanan seperti kacang-kacangan, buah berry, alpukat, beras merah, brokoli, sayurah hijau, apel, pir dan lain-lain.

Fungsi utama serat adalah untuk menjaga sistem pencernaan dalam tubuh Anda. Serat juga membantu untuk menghilangkan racun dari tubuh dan keluar bersama  limbah tubuh lainnya.

Buah-buahan dan sayuran menjadi salah satu pangan yang kaya akan serat, karena membantu mengeluarkan kotoran dari tubuh Anda.

Selain itu, ada 3 alasan penting lain mengapa Anda harus makan makanan kaya serat yang akan memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

1. Serat Dapat Mencegah Penyakit Jantung

Penelitian di seluruh dunia telah mengungkapkan bahwa mengkonsumsi serat dapat membantu mencegah penyakit jantung.

Orang yang mengkonsumsi lebih banyak serat dalam diet mereka rentan atau kecil kemungkinan untuk terkena  penyakit jantung.

READ:  Makanan Yang Membuat Anda Merasa Kenyang dan Berenergi

2. Serat Sebagai Pengendali Darah Tinggi

Serat adalah komponen diet penting bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Penelitian telah menunjukkan mengkonsumsi serat dalam diet harian Anda akan sangat efektif mencegah tekanan darah tinggi karena akan membantu mengendalikannya ke tingkat normal.

3. Serat Melawan Kanker

Para ilmuwan telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi serat dapat mengurangi resiko kanker usus. Serat makanan yang terdapat pada gandum dan produk makanan lainnya dapat meningkatkan gerakan usus.

Seratjuga bertanggung jawab untuk pencegahan pertumbuhan bakteri jahat dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus besar.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan bahwa serat tidak hanya mencegah kanker usus besar, tetapi juga membantu dalam mengurangi risiko kanker payudara dengan mengurangi sirkulasi estrogen yang  dapat menyebabkan kanker payudara

**

Selain tiga manfaat dari mengkonsumsi sayuran atau buah yang kaya akan serat, serat juga dikenal dapat mengurangi serum kolesterol, mengikat asam empedu, mengeluarkan racun dari tubuh Anda, mengurangi pH usus dan meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek.

READ:  5 Kebiasaan Buruk Pemicu Kanker

Serat juga baik untuk sembelit. Oleh karena itu, diet kaya serat sangat bermanfaat bagi tubuh Anda.

(foto: oneresult.com)