Inilah 5 Makanan Penghilang Rasa Ngantuk

Loading...

menguap

Apakah Anda pernah bertanya-tanya kenapa saat semua orang dapat tertidur pulas, Anda hanya berbolak balik di tempat tidur Anda tanpa melakukan apa-apa?

Hal ini mungkin karena rasa tegang atau alasan lain sehingga membuat Anda sulit untuk tidur. Tetapi juga mungkin karena makanan yang Anda konsumsi, yang tanpa disadari ternyata menjadi salah satu daftar makanan yang membuat Anda sulit untuk tidur.

Kami berbagi beberapa jenis makanan penghilang rasa ngantuk yang disarankan untuk Anda hindari sebelum waktu tidur.

1. Keju

Mungkin ini akan sedikit mengejutkan Anda, karena hampir di setiap produk makanan saat ini menawarkan keju sebagai isi atau toping.

Tetapi keju termasuk dalam daftar makanan yang dapat membuat Anda sulit tidur pada malam hari. Tyramine asam amino dalam keju yang bertindak sebagai stimulan akan membuat Anda terjaga sepanjang malam.

2. Cokelat

Ini mungkin kabar buruk bagi pecinta cokelat! Cokelat merupakan jenis makanan yang selalu menggoda para wanita bahkan pria karena rasanya yang lezat dan dapat diolah menjadi beragam jenis olahan makanan lainnya.

READ:  Insomnia Selama Kehamilan

Yang sangat disayangkan, cokelat dapat membuat Anda sulit untuk terlelap sepanjang malam, terutama cokelat susu.

Hal ini karena cokelat susu mengandung tirosin yang diubah menjadi dopamin yang mengakibatkan sulit tidur saat malam hari.

3. Makanan pedas

Terlepas dari efek yang akan ditimbulkan pada perut saat mengkonsumsinya terlalu banyak, makanan pedas juga dapat membuat Anda sulit terlelap pada malam hari.

Makanan pedas yang Anda konsumsi akan bereaksi saat malam hari sehingga tidak menutup kemungkinan akan membuat Anda tidak berhenti mengunjungi kamar kecil. Tidur pun menjadi terganggu dan tidak nyaman.

4. Daging

Daging tinggi akan kandungan protein dan lemak.  Daging sangat sulit untuk dicerna dan mengandung berbagai zat yang dapat membuat Anda berenergi sepanjang malam.

Jadi jika Anda ingin terlelap saat malam hari, hindari mengkonsumsi daging sebelum tidur.

5. Teh ginseng

Teh herbal sangat bagus untuk kesehatan dan umumnya tidak mengganggu tidur Anda. Tapi berbeda halnya dengan teh ginseng. Teh jenis ini akan membuat Anda terjaga dan gelisah sepanjang malam.

READ:  5 Strategi Jitu Mengatasi Kantuk Saat Kerja

**

Itulah 5 jenis makanan penghilang rasa ngantuk. Selain menghindari jenis makanan ini, Anda juga disarankan untuk melakukan kegiatan santai sebelum tidur dan tidak memikirkan hal-hal berat. Semoga bermanfaat.

(foto: intisari-online.com)