Teknik Merawat Perhiasan Mutiara Agar Tetap Berkilau

Loading...

merawat perhiasan mutiara

Mutiara adalah salah satu perhiasan yang terbentuk dari alam. Bentuknya yang indah dan kilau yang dipancarkannya menjadikan mutiara sebagai perhiasan yang sangat diminati oleh para wanita. Kilau  dari perhiasan mutiara akan membuat Anda terlihat bersinar dan anggun.

Namun, Anda harus berhati-hati dalam penjagaan mutiara apalagi untuk jenis mutiara yang berkualitas tinggi karena mereka mudah rusak. Perhiasan mutiara rentan menjadi kusam, yang akan menyebabkan keindahannya berkurang. Juga dapat retak, tergores dan lecet jika tidak hati-hati saat pemakaian dan penyimpanan.

Ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melindungi mutiara Anda sehingga kilaunya tidak cepat pudar dan Anda dapat memilikinya dalam waktu yang lama.

Berikut teknik merawat perhiasan mutiara agar tetap berkilau dan awet pemakaiannya.

1. Saat Anda akan menghadiri pesta, usahakan untuk merias wajah Anda terlebih dahulu sebelum menggunaan mutiara. Hal ini dikarenakan beberapa jenis make-up dan parfum yang memiliki kandungan asam dapat merusak kilau mutiara Anda.

2. Setelah menggunakan perhiasan mutiara, dianjurkan agar Anda me-lap mutiara tersebut menggunakan kain yang lembut dan bersih.

READ:  6 Tips Sukses Bisnis Aksesoris Wanita

3. Hindari meletakkan mutiara Anda pada tempat yang terlalu lembab. Kelembaban yang berlebihan bisa membuat mutiara menjadi “lunak” dan menyebabkan menjadi cacat.

Khususnya untuk mutiara jenis air tawar yang sangat sensitif terhadap masalah ini. Pastikan mutiara Anda benar-benar kering sebelum Anda menyimpannya.

4. Simpan mutiara Anda pada kotak, bukan kantong plastik. Suhu yang terdapat pada kantong plastik dapat membuat kerusakan yang serius pada mutiara Anda. Karena itu kotak menjadi tempat terbaik untuk menyimpan mutiara.

5. Sebelum menyimpan perhiasan mutiara, Anda dapat membungkusnya terlebih dahulu dengan menggunakan kain beludru agar mutiara terhindar dari lecet atau goresan.

6. Pisahkan mutiara dengan perhiasan lainnya. Batu permata  atau perhiasan lainnya dapat menggores permukaan mutiara Anda.

7. Jika mutiara Anda terlihat berdebu, Anda dapat mencucinya dengan menggunakan air sabun yang berbahan ringan. Lebih aman bila menggunakan pembersih khusus mutiara. Jika tidak ada, Anda dapat menggunakan sabun khusus cuci tangan.

8. Pastikan tidak ada air yang masuk pada lubang mutiara. Setelah dicuci, keringkan mutiara dengan menggunakan handuk yang menyerap.

READ:  Ingin Memiliki Alis Tebal? Ini Solusinya

**

Demikian teknik merawat perhiasan mutiara agar tetap berkilau dan awet pemakaiannya. Semoga bermanfaat.

(foto: pearlimporters.com)